fbpx

Tips Merawat Laptop Agar Sehat

 Banyak orang yang masih mengabaikan kebersihan laptopnya. Seperti menyala dan mati dalam mode sleep, yang dapat menyebabkan kerusakan pada laptop. ada beberapa tips perawatan laptop lainnya yang bisa kamu terapkan sehari- hari. yang dapat menjaga Kesehatan laptopmu dalam jangka Panjang. Kira- kira apa saja tipsnya? Baca terus artikel ini.

  • Jangan menggunakan laptop terlalu lama

Daya tahan computer mungkin lebih baik di bandingkan dengan lapto, oleh sebab itu kurangilah penggunaan laptop secara terus menerus apalagi kamu menggunakannya selama 24 non stop. Hal tersebut sangat tidak di sarankan, apabila laptop di gunakan terlalu lama dapat menyebabkan overheating atau panas yang berlebih.

  • Selalu bersihkan laptop secara rutin

Mungkin terlalu menyepelekan kebersihan laptopmu, tidak sedikit kerusakan terjadi hanya karena masalah kotor. Banyak debu yang bersarang pada bagian kipas pendingin laptop. banyaknya debu yang menepel pada laptopmu dapat menyebabkan kinerja laptopmu menjadi lambat dan panas. Bagian layar, baterai, keyboard, port usb dan yang lainnya memmiliki sirkulasi udara yang harus kamu bersihkan. Jika kamu pandai membongkar pasang laptopmu, kamu bisa membersihkan laptopmu hingga bagian dalamnya.  jika tidak kamu bisa pergi ke service laptop untuk penangan kebersihan laptopmu. 

  • Jangan langsung menutup laptop setelah memakainya

Pemakaian laptop yang terlalu lama menyebabkan laptopmu menjadi panas,oleh karena itu, sangat di sarankan untuk  mendinginkan laptop terlebih dahulu. Dengan membiarkannya hingga panaasnya hilang. Kondisi panas pada bagian keyboard dapat menyebabkan kerusakan pada layar laptopmu jika di tutup dengan terburu- buru.

  • Jangan terlalu membuat laptop dalam mode tidur atau menyala saat di bawa kemana- mana

Tahukah kamu, bahwa saat laptop dalam kondisi tidur atau sleep, kondisi storage atau harddisk pada laptop masih berkerja. Itulah mengapa laptop dalam kondisi tidur sangat tidak di sarankan di bawa kemana- mana. Pada kondisi tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada harddisk yang bisa membuat datamu rusak bahkan hilang.

  • Gunakan pada permukaan yang rata

Banyak hal yang dapat menyebabkan laptopmu cepat panas, seperti bermain laptop di atas Kasur atau selimut. Karena permukaan yang lembut menghambat udara panas laptop tidak keluar dan menyebabkan laptop cepat panas. Gunakanlah laptop pada permukaan yang datar seperti meja atau yang lain.

  • Bermain game berat

Beberapa laptop mungkin di desain untuk bermain game, hal tersebut tentu sudah di dukung dengan spesifikasi yang memumpuni. Namun banyak user yang memaksakan bermain game berat pada laptop yang sebenarnya tidak di desain untuk bermain game. Hal tersebut dapat menyebabkan komponen pada laptop lebih cepat rusak pada bagian baterai bocor dan keyboard.