fbpx

Cara Merawat SSD Yang Baik

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara dan Langkah- Langkah merawat SSD kamu, agar SSD yang kamu gunakan tetap awet dan dapat digunakan terus dalam waktu lebih lama. Untuk mempersingkat waktu, yuk, simak ulasan di bawah ini.

  • Menghindari data yang berukuran besar

Pada dasarnya SSD paling tepatnya hanya di gunakan untuk menjalankan system operasi saja. Jika kamu sering menggunakan SSD untuk proses writing atau menulis, makan hal tersebut dapat menyebabkan usia pakai SSD semakin pendek, apalagi jika ukuran data termasuk besar. Jika kamu ingin menyimpan data dengan ukuran yang besar, akan lebih baik jika kamu menggunakan HDD konvensional sebagai media penyimpanan cadangan. Hal tersebut tentu akan membantu merawat SSD dan dapat memperpanjang usia SSD tersebut.

  • Menghindari proses defrag

Melakukan proses defrag hanya akan memperpendek usia SSDmu, oleh sebab itu defrag tidak di butuhkan pada SSD. Berbedan dengan HDD, yang mana proses defrag berguna untuk merapikan susunan file juga untuk mengoptimalkan performanya pada cakram HDD. Bahwa sesungguhnya, SSD sendiri tidak menggunakan cakram seperti HDD. Melakukan proses defrag pada SSD hanya akan membuat proses menulis akan menjadi lebih sering. Namun hal tersebut justru akan menurunkan kinerja dari SSD nantinya. Oleh sebab itu, secara default pada windows 7 sudah menonaktifkan fitur defrag apabila perangkat kamu sudah terdeteksi menggunakan SSD.

  • Melakukan proses kloning 

Cara merawat SSD berikutnya ialah melakukan proses kloning. Cara yang satu ini tidak boleh kamu lupakan. Pada dasarnya, melakukan proses kloning biasa di lakukan apabila kamu ingin memindahkan system operasi atau data keseluruhan dari media simpan satu ke penyimpanan lainnya. Kamu akan menemukan utility yang biasa di gunakan dalam proses kloning, namun memiliki potensi yang akan mengurangi umur SSD. Jika memang ingin melakukan kloning, pastikan utility yang akan kamu gunakan tepat dan aman. Pastikan utiliti tersebut memang di kususkan untuk SSD, seperti driveimage XML, Paragon Migrate OS to SSD, O&O SSD Migration Kit dan lainya.

  • Mengaktifkan TRIM

TRIM adalah sebuah fitur yang terdapat pada SSD, yang mana memiliki fungsi untuk berkomunikasi dengan system operasi yang ada pada SSD apabila kamu ingin melaporkan blok mana saja yang sudah tidak di gunakan. Di beberapa system operasi terbaru sudah ada yang menyediakan fitur yang mendukung TRIM. TRIM juga akan menghapus data yang tersisa secara internal dan membuat SSD berkeja dengan sangat optimal. Untuk itu, mengaktifkan TRIM dapat menjaga Kesehatan SSDmu.