fbpx

5 Kelebihan Sistem Operasi Linux

Apakah kamu sudah mengetahui apa yang di maksud dengan Linux? Linux adalah software sistem operasi open source gratis yang di sebarluaskan di bawah lisensi GNU atau Gnu Not Unix. Kamu mungkin baru tahu, bahwa linux merupakan turunan dari unix. Dan Linux sendiri mampu berkerja pada berbagai macam hardware computer. Jika kamu memiliki lisensi GNU, kamu akan memperoleh program dan cource codenya. Kamu juga berhak untuk menduplikasi sebanyak yang kamu inginkan atau yang kamu butuhkan dan kamu bisa mengubah source code. Yang pasti hal ini legal.

Linux versi 0.01 di buat pertama kali pada bulan agustus 1991, yang di buat oleh seorang mahasiswa asal Finlandia dan kemudia di kembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Linux kemudian mengumumkan linux versi 0.02 atau versi resminya pada bulan oktober di tahun yang sama. hingga saat ini, Linux telah di kenal sebagai sistem Unix yang sangat lengkap dan dapat di gunakan untuk perkembangan software, pekerjaan sehari- hari dan jaringan. Kamu bisa memilih Linux sebagai alternatif di karenakan sistem operasi komersial terbilang cukup mahal.

Linux telah mendapat banyak dukungan oleh perusahaan computer terkenal, seperti Red Hat, IBM, Intel dan masih banyak lagi. sistem operasi ini di gunakan oleh berbagai macam hardware computer, seperti telepon genggam, desktop, router dan banyak lagi. penyebab kesuksesan Linux sendiri ialah biaya operasional yang rendah, keamanan dan kestabilan yang tinggi dan kompatibilitas yang tinggi.

Ada 5 kelebihan sistem Linux yang harus kamu ketahui, yaitu

  • Gratis 

Kelebihan pertama yang di miliki oleh Linux adalah gratis. Linux lebih terjangkau di banding sistem operasi lainnya seperti windows. Karena windows sendiri memiliki harga sekitar Rp 3 sampai 5 jutaan untuk satu lisensinya. Linux merupakan sistem operasi yang tidak mengeluarkan uang. Selain gratis, kamu juga bebas memodifikasi OS Linux sesuka hatimu.

  • Kinerja dan Spesifikasi Yang Ringan

Linux terbukti ringan dalam kinerjanya, linux juga tidak membutuhkan spesifikasi yang besar untuk menginstal. Hanya dengan 10GB dan 512 harddisk, kamu sudah bisa mendownload Linux di komputermu. Spesifikasinya juga tetap bisa di jalankan dalam sistem yang minimal.

  • Kemudahan menginstall Driver

saat kamu sedang menginstall sistem operasi ini, kamu tidak perlu menginstal driver yang bisa di lakukan saat menginstal sistem operasi seperti windows. Kebanyakan Distro Linux sudah kompatibel dengan segala jenis prosesor di computer atau laptop

  • Banyak Varian Distro Linux

Sistem operasi yang gratis ini membuat banyak developer membuat varian- varian di linux, seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint dan kali Linux.  Kemudahan dalam memodifikasi dan penggunaanya yang ringan menjadi alasan banyak di gunakan. 

  • Keamanan yang Tinggi

Akses yang terbatas membuat celah untuk masuk ke sistem ini semakin sempit. Di bandingkan dengan sistem operasi yang lain seperti windows, sering kali terkena virus. Ketika kamu ingin menginstall aplikasi kamu memerlukan repository online. Walau bisa secara offline, jarang sekali orang akan usil membuat virus.