fbpx

5 Distro Linux Yang Dapat Kalian Coba

Merasa bosan dengan tampilan sistem operasi desktop yang gitu- gitu aja? Nah, kalau gitu kamu bisa mencoba linux dengan ratusan distro terbaik. Linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source. Linux yang hadir pada tahun80- an ini membuat semua orang bebas melakukan modifikasi dan merilisnya ke publik. Karena itulah linux mempunyai versi distro dan variasi tampilan yang banyak. Buat kamu yang sedang bingung memilih yang mana, berikut 5 distro linux terbaik yang dapat kamu pilih.

  • Linux Mint

Mint adalah salah satu distro yang sangat friendly. Linux Mint merupakan distro linux based on Ubuntu yang memiliki komunitas yang sangat besar untuk menolong kamu dalam meng- explore distro yang satu ini. Mint menawarkan environment desktop MATE dan Xfce. Namu bagi kamu yang pengguna baru, di sarankan untuk mengunduh edisi Cinnamon yang lebih simpel untuk di gunakan. Instalasi yang mudah, terdapat juga driver gratis, jadi kamu bisa langsung menggunakan Mint tanpa melakukan konfigurasi lagi. Apa bila kamu pernah menggunakan windows, destop Mint Cinnamon terlihat sangat akrab dengan tampilan windows. Membat Linux Mint menjadi distro Linux terbaik untuk pengguna windows.

  • ElementaryOS Juno

ElementaryOS di rancang untuk dapat di kenali secara langsung oleh pengguna macOS. Distro ubuntu yang lain ini, memiliki wallpaper yang terlehat mirip dengan macOS. Hanya saja macOS tersedia di appstore maka Elementary ada di app center yang memudahkan pemasangan aplikasi perangkat lunak gratis.

Tampilannya yang merupakan GUI dari Patheon yang sangat simpel, elegan dan mudah di gunakan. ElementaryOS juga memberi fitur night light seperti pada windows dan macOS. Kecepatannya yang 3x lebih cepat dari windows, distro ini juga dilengkapi dengan disk cleaner bawaan.

  • Ubuntu

Distro yang sangat terkenal di luar sana, menjadikan distro linux yang mudah untuk di akses untuk pemula. Banyak data yang bermanfaat dan komunitasnya yang besar dapat membantu kamu sebagai pengguna baru. Kamu bisa memilih tipe standar atau LTS (long term support). Dukungan update standar setiap bulan april dan oktober, sedangkan LTS berlangsung 5 tahun. Ubuntu menawarkan penginstalan grafis yang mudah di gunakan untuk pengguna baru. Dan memiliki opsi untuk menginstal OS langsung dari DVD atau USB.

  • Manjaro 

Bagi penguna baru, menginstal arch linux merupakan hal yang llumayan rumit. Tidak terdapatnya penginstal grafis, kamu juga harus menggunakan perintah halte untuk memilih komponen yang akan kamu instal. Jangan khawatir, ada distro berbasis Arch yang mudah kamu gunakan sebagai alternatif. Manjaro menjadi solusi untuk kamu bisa mendapatkan Arch User Repository tanpa harus kesusahan membuat Arch dari awal. Distro linux satu ini menyediakan penginstalan grafis yang simpel yang mirip Ubuntu dan bermacam-macam pilihan enviroment.

  • Zorin OS

Beralih dari windows ke OS berbasis kernel linux tidaklah mudah. Jika kamu ingin menggunakan linux namun seperti windows, maka kamu harus coba distro baru ini Zorin OS 15 yang berbasis Ubuntu.  Distro ini di rancang sangat mirip dengan windows. Zorin OS terasa sangat familiar untuk kamu yang pindah dari windows di tamabah tampilannya yang menawan serta mudah di gunakan.