Inilah Ukuran Story Insragram Agar Hasil Story Maksimal

Advertisements

Hei, pengguna Instagram! Kamu pasti tahu dong fitur story-nya? Ya, itu loh yang sering dipakai untuk mengabadikan momen atau promosi. Tapi, tahukah kamu kalau ada ukuran ideal untuk foto dan video di story?

Jadi, jangan sembarangan unggah biar nyaman dilihat. Selain itu, fitur story juga penting loh, meskipun hanya bertahan selama 24 jam. Mau tahu berapa ukuran idealnya? Yuk, cari tahu template dan tips-nya!

 

Image Source: eastside-online.org

 

Jangan sampai konten instastory kamu pecah atau tak enak dipandang karena salah memilih ukuran foto atau video. Sebagai referensi, ukuran foto untuk instastory sebaiknya 1080 x 1920 Pixel dengan bentuk potrait dan aspect ratio 9:16.

Meski demikian, jika kualitas kamera kurang memadai, kamu bisa memilih ukuran alternatif seperti 720 x 1280 pixel hingga 450 x 800 pixel. Jangan lupa, ukuran gambar maksimal yang bisa diunggah di instastory adalah 30 MB dengan format JPEG atau PNG.

Berikut ini adalah tabel ukuran foto dan video yang ideal untuk instastory:

Jenis Konten Ukuran Foto Ukuran Video
Potrait 1080 x 1920 Pixel 1080 x 1920 Pixel
Landscape 1920 x 1080 Pixel 1080 x 1920 Pixel
Square 1080 x 1080 Pixel 1080 x 1080 Pixel

Ngomong-ngomong soal instastory, ternyata kita juga bisa unggah video lho! Entah itu video hasil editan dari aplikasi lain, rekaman video di galeri, atau bahkan live video langsung dari fitur instastory.

Tapi, kalau mau video kita tampil sempurna di instastory, ukuran dan aspect ratio-nya juga harus pas ya. Ukuran video instastory yang ideal adalah 1080 x 1920 pixel dengan aspect ratio 9:16. Minimal resolusinya 720 pixel, dan ukuran maksimalnya 4 GB dengan format MP4 atau MOV.

Sayangnya, kadang-kadang kita suka mengabaikan ukuran video yang akan diunggah ke instastory, apalagi kalau video tersebut sudah sangat menarik hati. Padahal, kalau asal unggah, hasilnya bisa pecah dan kurang menarik. Atau kalau dipaksakan untuk mengecilkan ukurannya, akan ada banyak ruang kosong dengan warna senada video.

Jadi, supaya instastory kita tetap memukau, jangan lupa periksa lagi ukuran video dan aspect ratio-nya sebelum diunggah.

Contoh Dan Tempelate Untuk IG Story

Ingin membuat story Instagram dengan tampilan yang menarik tapi bingung bagaimana cara membuat ukuran gambar yang sesuai dengan instastory? Tenang saja, kini banyak aplikasi template story Instagram yang bisa membantumu membuat tampilan yang keren dan menarik.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba antara lain:

Canva

 

Canva adalah aplikasi yang paling mudah dan banyak digunakan oleh para guru untuk membuat flyer online, termasuk template story Instagram. Kamu hanya perlu memilih template yang sesuai dengan tema yang kamu inginkan dan mengedit kata-katanya.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam font yang unik dan berbeda dengan font di IG sehingga tampilan storymu bisa lebih menarik. Kamu bisa mengunduh aplikasi Canva secara gratis di playstore.

Insta Story

Image Source: infokomputer.grid.id

 

Kalau kamu lagi cari template story Instagram yang paling unik, Insta Story adalah pilihan tepat! Aplikasi ini memang didesain khusus untuk bikin tampilan story kamu lebih keren dan menarik.

Yang bikin Insta Story beda dari aplikasi lain adalah pilihan template yang banyak banget dan menu edit yang variatif. Jadi kamu bisa eksplorasi banyak gaya dan variasi template untuk bikin story kamu lebih kekinian dan eye-catching.

Nggak cuma itu, setelah kamu selesai edit foto atau video kamu, bisa langsung disimpan di galeri untuk langsung di-upload di story Instagram kamu. Dijamin tampilannya lebih unik dan bagus, pasti bakal banyak yang notice.

Over

SS From: madewithover.com

 

Mau bikin tampilan story instagram yang keren dan elegan? Coba deh aplikasi Over! Ini dia nih aplikasi yang punya fitur free dan berbayar. Tapi buat yang pengen hasil lebih maksimal, lebih baik pilih yang berbayar ya.

Aplikasi ini punya fitur untuk mengedit warna foto sehingga hasilnya lebih eksklusif dan elegan. Jadi bisa bikin tampilan story kamu makin ciamik dan lebih stand out dari yang lain.

Jangan lupa juga buat perhatikan ukuran gambar dan video di story instagram ya. Kualitas yang bagus bisa meningkatkan tampilanmu di media sosial.

Penutup Dan Kesimpulan

Nah, itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat template instagram story yang menarik dan elegan. Selain ukuran yang pas, konten yang bagus dan menarik juga menjadi kunci utama untuk membuat storymu disukai dan diapresiasi oleh followersmu.

Jangan ragu untuk mencoba dan bereksperimen dengan berbagai template yang tersedia di aplikasi tersebut. Selamat mencoba dan semoga storymu semakin menarik dan disukai oleh banyak orang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *