Cara Clear / Hapus Cache macOS Mudah

Cara Clear / Hapus Cache macOS Mudah

Advertisements

Cache adalah sebuah isi penyimpanan pada suatu sistem yang sebagian fungsinya adalah untuk menyimpan informasi, dan kerap kali teknologi ini banyak digunakan pada banyak hal, seperti website, aplikasi, dan salah satunya adalah sistem operasi.

Jika kita langsung mengutip dari website apple secara langsung, cache dapat diartikakan sebagai berikut:

Cache konten adalah layanan macOS yang membantu mengurangi penggunaan data internet dan mempercepat penginstalan perangkat lunak di komputer Mac, perangkat iOS serta iPadOS, dan Apple TV.

Cache konten mempercepat pengunduhan perangkat lunak yang dibagikan oleh Apple dan data yang disimpan pengguna di iCloud dengan menyimpan konten yang telah diunduh di komputer Mac, perangkat iOS serta iPadOS, dan perangkat Apple TV lokal. Konten disimpan di cache konten di Mac, dan tersedia untuk perangkat lainnya untuk diterima tanpa terhubung ke internet” – Source: apple.com

Cara Menghapus Cache macOS dengan mudah

Pertama tama, kalian bisa pilih menu “go” pada bar diatas layar macbook kalian, pada step ini kalian harus mengarahkan pointer mouse kalian ke arah wallpaper di home agar opsi diatas muncul.

Kedua, Setelah klik menu “go” kalian akan ditunjukan beberapa opsi, nah kalian bisa pilih opsi ” go to folder” seperti halnya pada instruksi gambar dibawah.

Ketiga,setelah menuju go to folder kalian akan menemukan opsi bar kosong, nah kalian bisa isi dengan instruksi seperti gambar dibawah ini.

Keempat, klik tombol “Go” dan akan muncul folder yang berisi cache macbook kalian.

Kelima, kalian bisa blok semua cache tersebut dengan menggunakan CMD + A¬† lalu klik kanan, atau ketuk dua jari bagi yang menggunakan ketukan untuk memunculkan opsi “move to trash”, maka akan tampak seperti gambar dibawah.

Terakhir, setelah memasukannya kedalam tempat sampah, kalian bisa langsung hapus cachenya dengan klik kanan atau ketuk dua jari dan pilih “empty trash” dan cache telah terhapus.

Itulah cara simple untuk menghapus cache macbook kalian, mudah bukan? jangan lupa bagikan artikel ini jika bermanfaat ya, semoga artikel sederhana ini dapat membantu kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *