Mengenal Apa Itu ‘To Infinitive’ Dalam Bahasa Inggris

Advertisements

copaster.com – Bahasa Inggris menyimpan berbagai konsep yang vital untuk dikuasai, dan salah satu yang sering menjadi pembahasan adalah to infinitive adalah.

Mungkin Kalian telah sering mendengar atau membaca istilah ini, tetapi apakah Kalian memahami pengertian to infinitive secara mendalam? 

To infinitive dalam bahasa Inggris bukan sekadar perangkat gramatikal; ia memiliki fungsi yang jauh lebih luas untuk membuka jendela pemahaman terhadap struktur kalimat yang lebih kompleks dan bermakna.

Dengan mengetahui manfaat to infinitive, Kalian akan dapat melihat betapa pentingnya elemen ini dalam bahasa yang kita gunakan sehari-hari.

Pengertian To Infinitive dalam Gramatika Inggris

To Infinitive dalam bahasa inggris

To infinitive adalah bentuk dasar dari kata kerja (verb) yang ditambahkan dengan kata “to” di depannya, seperti dalam contoh kalimat to infinitive: “to eat”, “to sleep”, dan “to go”.

Bentuk ini dapat digunakan sebagai kata kerja utama dalam sebuah kalimat, maupun sebagai pelengkap kalimat yang memberi informasi tambahan tentang waktu, tujuan, atau alasan suatu tindakan.

Peran To Infinitive dalam Kalimat

Memahami struktur to infinitive relevan untuk memenuhi fungsi gramatikal yang bervariasi. Sebagai contoh, to infinitive dapat berperan sebagai subjek kalimat, objek kata kerja, maupun objek dari preposisi.

Melihat lebih dekat pada struktur kalimat yang melibatkan to infinitive akan memperjelas berbagai perannya yang unik dalam komunikasi.

Struktur To Infinitive

Struktur to infinitive merupakan salah satu pondasi dalam membangun kalimat bahasa Inggris yang baik.

Penggunaannya dapat ditemukan dalam berbagai kondisi, mulai dari menyatakan tujuan (to express purpose), mengikuti kata kerja tertentu (following certain verbs), hingga menjadi pelengkap setelah kata sifat (complement after adjectives). Berikut adalah tabel yang menggambarkan struktur to infinitive dalam berbagai situasi.

FungsiContoh KalimatKeterangan
Sebagai subjekTo learn English is important.To infinitive berperan sebagai subjek dalam kalimat.
Setelah kata kerjaI want to eat.Menyatakan tujuan atau niat setelah kata kerja “want”.
Setelah kata sifatShe is happy to help you.To infinitive menjadi pelengkap ungkapan setelah kata sifat “happy”.

Menggunakan To Infinitive dalam Kalimat

Memahami fungsi to infinitive sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris karena memberikan kejelasan dan kefleksibelan dalam menyusun kalimat.

Penggunaan konstruk ini dapat menambahkan detail pada aksi yang dilakukan dan menyatakan tujuan atau niat secara spesifik. Berikut adalah contoh kalimat to infinitive untuk menggambarkan penggunaan to infinitive yang beragam dalam berbagai konteks:

  • To see is to believe. (Melihat adalah mempercayai.) – To see di sini digunakan untuk menyatakan sebuah konsep atau pendapat.
  • I plan to study abroad next year. (Saya berencana untuk studi ke luar negeri tahun depan.) – Di kalimat ini to study menyatakan niat atau rencana pembicara.

Berikut adalah tabel yang menggambarkan penggunaan to infinitive dalam berbagai fungsi dalam kalimat:

FungsiKonteksContoh Kalimat
Menyatakan TujuanKetika subjek memiliki tujuan spesifikShe went to buy some groceries. (Dia pergi untuk membeli beberapa bahan makanan.)
Menyatakan NiatMenjelaskan mengapa seseorang ingin melakukan sesuatuThey aim to win the competition. (Mereka bertujuan untuk memenangkan kompetisi.)
Kata Kerja BantuMengikuti kata kerja bantu, seperti ‘would like’, ‘want’, ‘wish’I would like to order a pizza. (Saya ingin memesan pizza.)
Setelah AdjektifInfinitif mengikuti adjektif untuk menambah artiThe book was easy to understand. (Buku itu mudah dipahami.)

Pemahaman yang mendalam tentang fungsi to infinitive serta penggunaannya akan memperkaya ekspresi bahasa Inggris Kalian dan memungkinkan Kalian untuk berkomunikasi dengan lebih efektif dan dinamis.

Manfaat dan Fungsi To Infinitive

Dalam mempelajari bahasa Inggris, pemahaman mendalam tentang to infinitive memberikan banyak manfaat yang mungkin belum Kalian sadari sepenuhnya. Bukan hanya dari sisi gramatika, tapi juga dari sisi praktikal berbahasa sehari-hari. Mari kita bahas satu persatu.

Kegunaan To Infinitive dalam Konteks Berbeda

Kegunaan to infinitive menyebar luas dalam konteks berbeda yang akan Kalian temukan saat berkomunikasi.

Dapat digunakan untuk menyatakan tujuan (to express purpose), untuk menyuarakan rencana (to indicate a plan), atau sebagai pelengkap suatu frasa kata kerja (to complete verb phrases).

Penguasaan ini pada akhirnya akan meningkatkan kejelasan dan presisi saat Kalian mengungkapkan pendapat atau niat.

Fungsi To Infinitive dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

To infinitive memiliki fungsi krusial dalam mempertajam dan mengasah kemampuan berbahasa.

Misalnya, ketika ingin memperhalus cara penyampaian saran atau kritik, penggunaan to infinitive dapat membuat kalimat terdengar lebih sopan dan terkonstruksi dengan baik.

Tambahan to sebelum kata kerja (verb) membuka jendela baru bagi peningkatan fleksibilitas dan variasi ekspresi.

To Infinitive dalam Praktik

Implementasi to infinitive dalam praktik sehari-hari terbukti memperkaya ekspresi bahasa. Ia berperan dalam memperkuat makna dan menambah kejelasan dalam berbagai situasi, mulai dari percakapan casual hingga penulisan akademis.

Kesimpulan

Dari pembahasan artikel ini, Kalian telah menemukan sebuah pencerahan tentang apa itu to infinitive adalah dan mengapa penting untuk menguasainya.

Pemahaman yang baik mengenai pengertian to infinitive memberikan banyak keuntungan tidak hanya dalam aspek gramatikal, tetapi juga dalam peningkatan kualitas komunikasi.

Kalian bisa mengevaluasi ulang penggunaan to infinitive yang sebelumnya mungkin terlihat sepele, namun ternyata memiliki peran yang tak tergantikan dalam kalimat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *