Pelapukan berikut yang disebabkan oleh faktor fisis adalah

Jawaban | Pelapukan berikut yang disebabkan oleh faktor fisis adalah

Advertisements

Pertanyaan:

Pelapukan berikut yang disebabkan oleh faktor fisis adalah..

a. serasah daun dimakan dan dihancurkan oleh luing

b. akar tumbuhan menembus batu, sehingga batu terbelah

c. batu digurun terbelah akibat cuaca ekstrim

d. terbentuknya stalaktit di gua kapur

Jawaban Yang Benar: C. batu digurun terbelah akibat cuaca ekstrim

Penjelasan & Mengapa Jawaban C Yang benar

Pelapukan

Pelapukan batuan adalah proses alami yang terjadi seiring berjalannya waktu, di mana batuan mengalami perubahan fisik, kimia, atau biologis.

Dalam konteks ini, kita akan menjelaskan mengapa jawaban c, yaitu “Batu digurun terbelah akibat cuaca ekstrim,” menjadi yang benar.

Pelapukan batuan dibagi menjadi beberapa jenis, termasuk pelapukan fisik dan pelapukan kimia. Pelapukan fisik, juga dikenal sebagai pelapukan mekanik, terjadi karena adanya tekanan fisik, perubahan suhu, atau proses mekanis lainnya yang menyebabkan pemecahan dan pemisahan batuan tanpa mengubah komposisi kimianya.

Pentingnya Cuaca Ekstrim dalam Pelapukan

Cuaca ekstrim memiliki peran penting dalam proses pelapukan fisik. Salah satu contoh ekstrim ini adalah perubahan suhu yang ekstrem, terutama perubahan suhu harian yang dapat memicu ekspansi dan kontraksi batuan.

Mari kita bahas beberapa aspek yang menjelaskan mengapa batu dapat digurun dan terbelah akibat cuaca ekstrim.

Ekspansi dan Kontraksi

Cuaca ekstrim, terutama perubahan suhu yang ekstrem, dapat menyebabkan batuan mengalami ekspansi dan kontraksi.

Saat batuan terpapar sinar matahari, suhu meningkat, dan batuan mengalami ekspansi. Ketika malam tiba dan suhu turun, batuan mengalami kontraksi. Proses ini berulang setiap hari dan dapat menyebabkan pemecahan batuan secara bertahap.

Pemecahan Fisik

Perubahan suhu harian menyebabkan perubahan volume batuan yang cepat. Ketika batuan mengalami ekspansi, tekanan internal yang dihasilkan dapat menyebabkan pemecahan fisik atau pemisahan lapisan-lapisan batuan. Proses ini dikenal sebagai pelapukan fisik.

Faktor Mekanis Lainnya

Selain perubahan suhu, cuaca ekstrim seperti badai, angin kencang, atau gletser yang meleleh juga dapat memberikan kontribusi terhadap pelapukan fisik. Hantaman hujan deras atau angin yang kuat dapat menyebabkan batuan mengalami erosi dan pemecahan.

Pembentukan Struktur Geologis

Proses pelapukan fisik yang dipicu oleh cuaca ekstrim dapat berkontribusi pada pembentukan berbagai struktur geologis seperti goa, tebing curam, atau formasi batuan tertentu. Pemisahan dan pemecahan lapisan batuan dapat membentuk struktur yang menarik secara geologis.

Peran Vegetasi

Vegetasi juga dapat memainkan peran dalam pelapukan fisik. Akar tumbuhan yang tumbuh di celah-celah batuan dapat memperbesar celah tersebut seiring waktu, menyebabkan pemecahan lebih lanjut.

Manfaat Pengetahuan tentang Pelapukan Fisik

Memahami proses pelapukan fisik, termasuk peran cuaca ekstrim dalam pemecahan batuan, memberikan wawasan tentang evolusi dan pembentukan permukaan bumi.

Selain itu, pengetahuan ini dapat memiliki implikasi praktis dalam berbagai bidang, termasuk rekayasa sipil, perlindungan lingkungan, dan pengelolaan sumber daya alam.

Relevansi dengan Kehidupan Sehari-hari

Meskipun proses pelapukan fisik berlangsung secara perlahan dalam skala waktu geologis, pengaruhnya dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari pembentukan pegunungan hingga pembentukan tanah yang subur, pelapukan fisik memiliki dampak besar terhadap lingkungan di sekitar kita.

Kesimpulan

Dalam konteks pelapukan fisik yang disebabkan oleh cuaca ekstrim, terutama perubahan suhu harian, batu digurun dan terbelah karena proses ekspansi dan kontr

aksi yang terus-menerus. Proses ini adalah bagian dari keajaiban geologi yang membentuk beragam struktur dan fitur di permukaan bumi.

Pemahaman terhadap mekanisme ini memperkaya pengetahuan kita tentang dinamika geologi dan memperkuat hubungan erat antara cuaca ekstrim dan pembentukan permukaan bumi yang kita kenal hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *