fbpx

Cara Update macOS Terbaru

macOS merupakan perangkat lunak sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Sistem operasi ini berjalan di beberapa perangkat besutan Apple, diantaranya adalah macbook air, macbook pro, iMac, mac mini, mac pro dan mac studio.

Seperti hal nya sistem operasi windows yang terus di update oleh Microsoft hingga versi terbaru yaitu windows 11 pada saat ini, Saat artikel ini ditulis untuk versi terbaru sistem operasi macOS adalah macOS Monterey 12.3.1.
Jika Anda memiliki perangkat yang memiliki sistem operasi macOS, sangat penting bagi Anda untuk terus memperbaharui sistem operasi pada perangkat Anda menjadi yang terbaru. Karena dengan terus memperbaharui sistem operasi dapat membuat performa kinerja perangkat yang Anda gunakan menjadi lebih optimal.
Pembaruan sistem operasi membantu menutup celah keamanan atau bug yang terdeteksi pada versi sistem operasi sebelumnya. Ia juga membantu mengupdate driver-driver yang diperlukan agar compatible dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan pada saat ini. Beberapa fitur terbaru juga biasanya ditambahkan dengan adanya pembaruan sistem operasi ini.
Oleh sebab itulah sangat disayangkan jika ada pembaruan sistem operasi baru namun Anda tidak mau atau lalai untuk memperbaharuinya pada perangkat Anda.
Jika Anda ingin memperbaharui sistem operasi macOS Anda dan membuatnya selalu update secara otomatis. Silahkan Anda simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Cara download dan install manual update macOS terbaru

1. Silahkan Anda pergi ke menu system preferences dengan mengklik logo apple pada pojok kiri atas desktop Anda kemudian pilih system preferences.
Cara Update macOS

2. Setelah masuk ke menu system preferences, kemudian pilih menu software update.

3. Setelah menu software update terbuka, kemudian Anda klik pilihan update now.
Cara Update macOS

 

4. Jika ada pemaruan yang belum Anda install maka system akan melakukan proses download dan install pembaruan baru yang tersedia. Dan tunggu hingga selesai. Jika sudah selesai biasanya system meminta untuk di restart ulang.

Cara mengaktifkan update otomatis macOS

Jika Anda tidak ingin repot men-download dan meng-install pembaruan macOS secara manual seperti cara diatas. Anda juga dapat melakukan download dan install secara otomatis pembaruan macOS tersebut.
Jadi asalkan perangkat Anda terkoneksi dengan internet, secara otomatis perangkat mac Anda akan mendownload dan menginstall otomatis jika ada pembaruan yang tersedia.
Final nya, biasanya Anda hanya akan di intruksikan untuk merestart perangkat Anda karena adanya pembaruan baru yang telah terinstall
1. Untuk mengaktifkan update otomatis macOS tersebut, pertama silahkan Anda masuk kembali ke menu system preferences. Dengan mengklik logo apple pada pojok kiri atas desktop Anda kemudian pilih system preferences.
Cara Update macOS
2. Pada menu system preferences, silahkan Anda pilih menu software update
3. Lalu silahkan Anda ceklis opsi automatically keep my Mac up to date pada menu software update.
Cara Update macOS