fbpx

Tips Mempercepat Kinerja Laptop

Jika kamu sedang ingin meningkankan kecepatan laptop kamu, agar kamu dapat menggunakannya lebih nyaman dan tidak mengganggu, kamu bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini.

Merestart Laptop

Apabila kamu sedang menggunakan laptop dan tiba-tiba terasa lambat, kamu bisa mencoba untuk me-restart laptop tersebut. Restart ini berfungsi untuk mengembalikan performa laptop yang telah bekerja dalam waktu yang lama tanpa jeda. Restart juga dibutuhkan untuk menyegarkan sistem operasi dan membuat program yang kamu buka pada saat bekerja sudah ditutup dan memulai dengan sistem kerja baru yang lebih ringan.

Meng- Up to Date Sistem Operasi

Jika kamu rutin melakukan update atau pembaharuan pada sistem operasi kamu, hal ini tentu dapat  membantu mengembalikan performa laptop. bila rutin, microsoft akan merilis pembaharuan untuk Windows untuk menambal celah yang dapat memperlambat kerja sistem. Pembaruan ini dapat kamu lakukan dengan cek menu ‘Pembaruan Sistem’ lalu klik ‘Pembaharuan’ jika pembaruan terbaru sudah tersedia. pastikan kamu menyimpan file-file penting yang harus diselamatkan.

Kurangi penggunaan Animasi Berlebihan

Apabila spesifikasi laptop pengguna terbilang rendah atau kentang, sangat di sarankan untuk tidak menggunakan animasi yang berlebihan. Cukup menggunakan tema simple dan biasa dengan wallpaper hitam polos untuk memaksimalkan kinerja laptop. Tampilan laptop memang menjadi jauh lebih menarik dengan menggunakan tampilan animasi, namun hal tersebut juga dapat memperlambat kinerja laptop.

Membersihkan Sampah 

Apabila laptopmu  masih terasa lemot, kamu bisa membersihkan sampah yang ada pada recycle bin. File sampah tersebut terdapat pada recycle bin yang bisa menjadi salah satu penyebab kinerja laptop lambat. Kamu hanya perlu meng- klik kanan pada icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin. Terdapat juga cara alternatif untuk menghapus file sementara yang terdapat pada browser. Kamu bisa menggunakan aplikasi CCleaner.

Menggunakan Cooling Pad

menggunaan Cooling Pad atau kipas eksternal laptop memang sangat di sarankan. Berguna untuk selalu mendinginkan laptop, kipas eksternal ini juga bisa memperlancar arus udara yang masuk ke laptopmu. Selain itu, penggunaan kipas eksternal sebaiknya menghindari penggunaan laptop di atas  kasur atau segala tempat yang dapat menyerap panas. Hal tersebut akan membuat laptop overheat dan bisa berakibat fatal pada CPU dan Chipset laptop. 

menghapus program yang tidak penting

Cara untuk mendukung kinerja laptop agar tetap lancardengan menghapus program yang tidak penting. Hal ini juga terbilang sangat mudah dan tidak perlu membeli perangkat baru. Kamu hanya perlu menghapus program yang tidak penting yang membuat laptop menjadi lambat.