fbpx

Rekomendasi 7 Situs Baca Buku Gratis

Dapat membaca buku dengan kualitas terbaik, bukan hanya bisa kamu dapatkan pada toko buku atau perpustakaan saja, tapi kamu juga bisa mendapatkannya melauli situs baca buku online. Yang mana kamu tidak perlu membeli buku fisik, karena membaca buku di situs baca buku online juga tersedia secara gratis dan tak perlu banyak tempat untuk penyimpanan buku setelah kamu membacanya. Saat ini sudah banyak sekali situs baca buku online gratis Bahasa Indonesia yang bisa kamu akses melalui smartphone atau laptop kamu lho!

Membaca buku dengan kualitas yang sudah dijamini gratias dan sekaligus legal, kini sudah banyak sekali yang menyediakannya. Walaupun ada beberapa penyedia yang mengharuskan pembayaran dan harus menjadi member, tapi ada banyak juga buku yang bisa kamu baca gratis! Kira-kira dimana saja ya? Yuk, simak artikel berikut ini!

  • Free eBooks

Pertama, yaitu Free eBooks yang merupakan sebuah websiteyang memberi kemudahn akses bagi para penggunanya. Di web ini kamu juga akan mendapatkan jutaan e-book gratis dan kamu bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja. Kamu hanya perlu mendaftar dahulu setelah itu kamu bebas menikmati 5 buku gratis setiap bulannya. Tidak perlu bingung saat mencari buku, kamu tinggal masukkan judul yang ingin kamu cari atau memasukkan nama pengarang buku yang kamu inginkan. Kemudian kamu akan mendapatkan hasilnya dan tinggal baca mana yang kamu ingikan. Menariknya, kamu juga bisa download aplikasinya di smartphone kamu, loh.

  • Wattpad

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini pastinya, Wattpad menyediakan ribuan genre novel tersedia untuk dibaca secara gratis. Kamu bisa memilih dengan bebas genre mana yang akan kamu baca, mulai dari romansa, horor, komedi, petualangan, dan lainnya. Hanya, kamu tidak akan menemukan deretan penulis yang sudah terkenal. Wattpad merupakan website dan aplikasi khusus untuk mereka yang ingin menulis cerita novelnya sendiri. Jadi, tidak heran jika cerita ditulis oleh penulis-penulis baru. Untuk kamu yang gemar fiksi, tentunya jangan sampai melewatkan yang satu ini, ya.

  • Ipusnas

Berikutny ada Ipusnas. Ipunas adalah salah satu aplikasi perpustakaan digital yang dikelola langsung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. kamu bisa membaca buku dalam bentuk e-book karena Aplikasi ini telah hadir dengan eReader. Daftarkan diri kamunikmati baca buku gratis disini. Kamu juga bisa menemukan banyak genre buku. Mulai dari pengetahuan, agama, hukum, novel, memasak, bahasa, dan banyak lagi.mengaksesnya juga sangat mudah. Ipunas menyediakan ribuan buku yang akan menghibur kamu dan menambah pengetahuan kamu pastinya. Dan yang pastinya tersedia secara gratis. Layanan ini memiliki sistem meminjam, kamu dapat meminjam buku dengan maksimal 3 buku dengan batas waktu 3 tiga hari per buku. Kemudian kamu harus mengembalikan buku usai kamu baca. Jika kamu tidak mengembalikan atau lupa, maka secara otomatis buku akan kembali dan kamu harus me-request dahulu untuk meminjamny, jika ingin membaca buku tersebut dalam 3 hari. Ipunas juga memiliki memberikan fitur-fitur yang terbilang lengkap. Kamu bisa terhubung dengan media sosial sehingga memungkinkan untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya.

  • Open Library

Open Library adalah perpustakaan buku yang berbasis di Amerika Serikat yang sudah ada sejak 2006. Hadir karena donasi dari California State Library, para publisher berhasil menghubungkan para pembaca yang tertarik untuk membaca buku. Hingga saat ini sudah ada jutaan judul buku yang dapat dibaca secara gratis. Kamu bisa menemukan buku-buku public domain. Bukan hanya itu, kamu juga bisa menemukan karya penulis seperti Stephen King, Mitch Albom, dan banyak lagi. Menariknya, kamu bisa mengunduh bukunya dalam bentuk epub atau pdf dengan gratis lho!. Namun, kopi bukunya dilindungi hak cipta dan tidak dapat disebarkan secara luas. Oleh karena itu, kamu tidak dapat mengakses buku  setelah masa peminjaman kalian berakhir.

  • Google Play Books

Google Play Books ada sebuah aplikasi yang mengumpulkan banyak e-book yang tidak boleh dilewatkan. Nagi kamu para pengguna Android, kamu dapat menikmati aneka buku yang diinginkan. Walau tidak sepenuhnya tersedia gratis.tetapi, ada banyak lagi  e-book gratis yang bisa kamu baca kok. Mulai dari yang terpopuler, komik digital dan banyak lagi. Aplikasi yang satu ini hadir dengan fitur membaca buku yang mirip dengan Kindle. Ini bikin kamu jadi lebih nyaman saat membacanya.

  • ManyBooks

Di ManyBooks kamu bisa ingin mengunduh e-book gratis lho. manyBooks menyediakan lebih dari 50.000 e-book yang siap untuk menemani hari-harimu.ada berbagai macam genre yang bisa kamu pilih, seperti biografi, horor, sejarah, romansa, dan banyak lagi.  Selain itu, ada juga deretan buku-buku klasik yang bisa kamu baca. Setelah didirikan sejak 2004 lalu, Manybooks juga menyediakan baca buku berbayar. Tapi tenang, ada banyak diskon yang ditawarkan yang bisa kamu dapatkan sehingga tentunya lebih hemat jika kamu ingin membelinya.

  • The Literature Network

Yang terakhir ada The Literature Network yang merupakan website baca e-book gratis yang bisa kamu akses. Memiliki tampila rapi yang membuat kita tidak perlu bingung saat mengaksesnya. Tersusun rapi berdasarkan nama penulis. Kamu hanya perlu mengetik nama penulisnya. Setelah itu, kamu bisa membaca biografi mereka dan juga mengetahui berbagai link dan artikel mengenai penulis. Ada banyak e-book yang tersedia gratis dan berbayar, namun harganya sangat ramah dikantong. 

Semoga bermanfaat😊