Inilah Cara Menghapus Aplikasi Yang Tidak Bisa Di Uninstal Pada Android

Punya HP Android yang terasa lambat karena terlalu banyak aplikasi bawaan pabrik yang tidak berguna? Tenang saja, Anda bisa menghapusnya dengan beberapa cara yang mudah.

 

Image Source: opensourceforu.com

 

Tapi sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu bahwa ada 2 jenis aplikasi di Android, yaitu bawaan pabrik dan aplikasi tambahan yang diunduh pengguna.

Banyak aplikasi bawaan pabrik yang tidak digunakan sehingga hanya menambah memori penyimpanan tanpa memberikan manfaat yang sebenarnya, seperti Game Space, Oroaming, Baca Plus dan lainnya. Hal ini tentunya mengganggu pengguna yang ingin menambah aplikasi yang dibutuhkan.

Namun, sayangnya aplikasi bawaan pabrik umumnya tidak bisa dihapus seperti aplikasi tambahan yang diunduh pengguna. Tapi jangan khawatir, masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapusnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih leluasa dalam menambah aplikasi yang dibutuhkan tanpa khawatir memori penyimpanan HP Anda cepat penuh.

Yuk, simak beberapa cara menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus berikut ini:

Menghapus Aplikasi Android Tanpa Root

 

Image Source: lifewire.com | Ilustrasi Hapus App

 

Menghapus aplikasi di Android yang tidak dapat dihapus dapat menjadi masalah yang menjengkelkan bagi banyak pengguna. Namun, ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi tersebut tanpa harus melakukan rooting pada perangkat Android Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak dapat dihapus:

Cara pertama, dengan mematikan administrator perangkat.

Ini dilakukan dengan masuk ke Pengaturan, pilih menu Keamanan dan Privasi, lalu pilih Administrator Perangkat. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin dihapus.

Cara kedua, dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Easy Uninstaller App Uninstall.

Aplikasi ini dapat membantu Anda menghapus aplikasi yang sulit dihapus. Anda cukup masuk ke aplikasi tersebut dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.

Cara ketiga, dengan melakukan factory reset pada perangkat Anda.

Ini dapat mengembalikan perangkat Android Anda ke kondisi awal seperti baru kembali. Namun, pastikan Anda membuat cadangan data terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset.

Cara keempat, dengan menonaktifkan aplikasi yang ingin dihapus.

Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan, Kelola Aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik Nonaktifkan.

Cara terakhir, dengan menghapus aplikasi melalui Play Store.

Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Play Store dan klik tautan “My Android” untuk melihat semua aplikasi yang telah diinstal. Kemudian, klik simbol sampah kecil di sebelah aplikasi yang ingin dihapus dan konfirmasi dengan mengklik “Hapus” pada popup.

Menghapus Aplikasi Android dengan Root

 

Image Source: promon.co | Ilustrasi Root

 

Rooting HP merupakan salah satu cara agar memiliki akses penuh pada sistem Android dan bisa menghapus aplikasi tanpa batasan. Berikut adalah cara uninstall aplikasi dengan root:

Unduh System Apps Remover

Aplikasi ini tersedia di Play Store untuk semua HP, baik yang sudah diroot atau belum. Namun, untuk menggunakan fitur ini, HP harus diroot terlebih dahulu.

Beri Izin

Setelah diunduh, buka aplikasi dan muncul notifikasi SuperSU untuk meminta akses root. Klik Izinkan atau Grant.

Pilih Aplikasi yang Akan Dihapus

Pilih aplikasi yang ingin dihapus. Beberapa aplikasi tidak penting bisa dihapus secara bersamaan.

Uninstall dan Yes

Jika sudah yakin ingin menghapus aplikasi, klik Uninstall dan muncul notifikasi Yes. Klik Yes.

Tunggu Proses Selesai

Tunggu hingga proses uninstall selesai. Beberapa aplikasi tidak bisa dihapus, tetapi akhirnya bisa diuninstall.

Beberapa aplikasi bawaan dan tambahan seringkali sulit dihapus. Namun, kini ada cara untuk menghapus aplikasi di Android yang tidak bisa dihapus melalui cara root dan tanpa root terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *