fbpx

Kelebihan Prosesor M1 Apple Dibanding Intel

Tentu ada alas an besar mengapa Apple beralih dari prosesor Intel ke chip Apple M1. Kira-kira apa saja sih kelebihan M1 dibandingkan dengan prosesor Intel di komputer Mac? Nah, kali ini kami telah merangkum kelebihan chip Apple M1 dibandingkan dengan prosesor Intel untuk Mac dan MacBook. Yuk simak ulasan dibawah ini!

  • Kontrol Penuh Dari Apple

Alasan besar mengapa Apple meninggalkan prosesor Intel untuk Mac adalah karena prosesor Intel merupakan buatan Apple dan Apple tidak memiliki kontrol apapun terhadap prosesor tersebut. Seperti saat prosesor memiliki sebuah desain atau memiliki bug tertentu, maka Apple harus menunggu pembuat prosesor untuk memperbaikinya. Atau saat Apple ingin merancang MacBook lebih tipis tanpa kipas atau memakai kipas, tentu Apple membutuhkan chip yang lebih hemat baterai dan lebih sedikit menghasilkan panas. Apple bisa merilis produk sesuai target sendiri tanpa menunggu kepastian dari Intel atau pihak ketiga.

  • Performa Yang Lebih Tinggi

Apple telah mengklaim bahwa Apple M1 memiliki performa yang lebih tinggi dari prosesor Intel. bahkan juga hampir semua komputer dan laptop di seluruh dunia di kelas yang sama. Sampai saat ini  belum bisa dipastikan karena Mac ketiga dengan chip M1 tersebut belum resmi tersedia di pasaran. Untuk kamu yang ingin membeli masih harus menunggu hingga beberapa waktu mendatang. Namun ada sedikit pemberitahuan tentang skor benchmark di GeekBench bahwa skor benchmark MacBook Air dengan chip M1 mengalahkan skor benchmark MacBook Pro 16 inch dengan prosesor Intel .

  • Lebih Hemat Energi

Apple silicon berbasis ARM di Mac lebih memfokuskan Efisiensi energinya. Hal ini tentu sangat bermanfaat, apalagi bagi para pengguna MacBook yang mengandalkan energi dari baterai. Apple mengklaim bahwa MacBook Air dapat bertahan hingga 18 jam lamanya. Sedangkan MacBook Air dengan prosesor Intel hanya dapat bertahan 12 jam saja. Kini MacBook Pro dengan chip M1 dapat bertahan hingga 20 jam dibandingkan dengan MacBook Pro dengan prosesor Intel yang hanya bisa bertahan 10 jam.

  • Tersedia Banyak Fitur Unik

Kelebihan lain dari M1 yaitu menawarkan fitur-fitur unik yang akan hadir di Ma, diantaranya yaitu Apple Neural Engine, Apple Image Signal Processing, Apple Secure Enclave dan banyak akan hadir di Mac. Hal ini tentu tidak akan pernah bisa didapatkan jika Apple tetap bertahan menggunakan prosesor Intel. ini bukan hanya soal performa prosesor dan efisiensi baterai saja, tetapi juga fitur di dalam chip itu sendiri.