fbpx

Cara Join Domain Active Directory di Windows

 

Active Directory (AD) merupakan suatu sistem terintegrasi yang terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung pada suatu jaringan. 

Dalam Active Directory komputer-komputer client yang terdaftar di identifikasi melalui nama komputer dan ip address. Sehingga dapat mempermudah suatu organisasi dalam mengelola komputer-komputer client yang terhubung ke AD mereka.

Secara umum sistem Active Directory terpusat pada suatu domain, agar komputer client dapat terhubung dengan sistem Active Directory, komputer client terlebih dahulu harus join dengan domain server AD tersebut.

Ada beberapa cara untuk melakukan join domain dari komputer client ke server domain AD tersebut.

Jika kalian ingin melakukan join domain dari komputer client ke server domain AD. Berikut dibawah ini telah tim copaster paparkan langkah-langkahnya.

Khususnya bagi kalian yang ingin melakukan join domain dari komputer client ke server domain AD menggunakan perangkat kumputer laptop/PC dengan sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8, 8.1, 10 dan 11.

Namun sebelum melakukan join domain, pastikan beberapa persyatan dibawah ini terpenuhi.

Persyaratan join domain dengan Active Directory

  1. Pastikan Laptop/PC yang akan dilakukan join domain memiliki system operasi windows, baik itu windows 7, 8, 8.1, 10 dan 11
  2. Pastikan antara komputer client yang ingin melakukan join domain ke server domain AD telah terhubung di satu jaringan. Cara cek nya menggunakan PING.
  3. Pastikan juga drive C (sistem windows) komputer client memiliki freespace kira-kira 1 GB untuk menyimpan data-data user windows baru yang terkoneksi dengan AD.
  4. Akun pengguna AD dengan otorisasi khusus yang dapat menambahkan komputer ke domain AD. Biasanya dimiliki oleh IT support suatu organisasi/perusahaan.
  5. Memiliki akun pengguna yang terdaftar di AD. Biasanya di suatu organiasi/perusahaan. Perusahaan membuatkan akun khusus untuk login ke windows yang diberikan pada setiap karyawan.

Cara join domain Active Directory di windows melalui system properties

1. Buka form run dengan cara mengklik kombinasi shortkey tombol windows + R pada keyboard PC/laptop Anda, kemudian masukkan kata kunci “sysdm.cpl”, kemudian klik Ok atau enter.
Cara Join Domain Active Directory di Windows

2. Kemudian akan muncul form system properties, pada form system properties, silahkan Anda klik change.

Cara Join Domain Active Directory di Windows

3. Lalu akan muncul form computer name / domain change. Pada opsi radio button member of, silahkan Anda pilih domain. Lalu masukkan domain AD yang ingin Anda joinkan dengan komputer Anda. Kemudian silahkan Anda klik OK.

Cara Join Domain Active Directory di Windows

4. Jika nama domain valid, maka akan muncul form autentifikasi seperti dibawah ini. Silahkan Anda masukkan username dan password administrator yang telah diberi otoritasi untuk menambahkan komputer ke server AD.

Note : untuk kolom isian username biasanya di isi dengan : namadomainusername
Cara Join Domain Active Directory di Windows

5. Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan sambutan selamat datang dari domain. Kemudian klik OK.

Cara Join Domain Active Directory di Windows

6. Selanjutnya Anda akan di intruksikan untuk me-restart perangkat komputer laptop/PC yang sedang Anda gunakan. Perubahan akan terlihat setelah Anda selesai me-restart PC/laptop Anda. Lalu klik OK saja.

Cara Join Domain Active Directory di Windows

7. Setelah itu sistem akan membawa Anda ke form system properties, namun dibagian bawah form akan muncul notifikasi “Perubahan akan berlaku setelah Anda me-restart komputer ini”. Silahkan Anda klik close saja.

Cara Join Domain Active Directory di Windows

8. Setelah Anda mengklik close, sistem akan menampilkan dialog perintah untuk me-restart komputer Anda. Silahkan Anda klik restart now untuk menyelesaikan konfigurasi join domain yang telah Anda lakukan.

 

Cara Join Domain Active Directory di Windows

9. Setelah komputer berhasil restart, konfigurasi join domain pada komputer client pun telah selesai dilakukan.

Cara join domain Active Directory di windows melalui cmd

Selain melalui GUI sistem properties, kalian juga dapat melakukan join domain AD di windows melalui CDM menggunakan baris perintah netdom. Namun untuk menggunakan baris perintah netdom, syaratnya kalian sudah mengaktifkan paket RSAT pada windows Anda. Dokumentasi untuk mengaktifkan paket RSAT dapat kalian baca langsung pada doc microsoft ini.
1. Untuk melakukan join domain melalui cmd dengan menggunakan perintah netdom, pertama silahkan Anda buka cmd pada windows Anda dengan hak akses administrator. Setelah cmd terbuka, kemudian silahkan Anda ketikkan perintah netdom join seperti dibawah ini pada cmd :
netdom.exe join %computername% /domain:DomainName /UserD:DomainNameUserName /PasswordD:Password
Cara Join Domain Active Directory di Windows
Selain melalui komputer sendiri, kalian juga dapat menerapkan perintah netdom join ini pada komputer orang lain yang ingin Anda joinkan ke domain AD dengan mengganti parameter %computername% menjadi nama komputer target / komputer orang lain.
2. Jika Anda sudah mengeksekusi perintah netdom join seperti diatas, maka akan tampil pemberitahuan sukses pada cmd Anda. Langkah terakhir silahkan Anda restart komputer yang telah dijoinkan ke domain AD.

Cara join domain Active Directory di windows melalui powershell

Cara melakukan join domain dari komputer client ke domain server AD juga dapat Anda lakukan melalui windows powershell menggunakan baris perintah Add-Computer.
1. Caranya cukup simple, pertama silahkan Anda buka powershell pada windows Anda menggunakan hak akses administrator. Setelah jendela powershell terbuka, silahkan Anda ketikkan baris perintah Add-Computer seperti dibawah ini.
Add-Computer -DomainName DomainName -Restart
Cara Join Domain Active Directory di Windows

2. Setelah itu akan muncul form autentikasi, silahkan Anda masukkan username dan password administrator yang telah diberi otoritasi untuk menambahkan komputer ke server AD.

3. Jika langkah diatas sudah benar, maka komputer akan melakukan restart secara otomatis.

Konfirmasi join domain komputer client di Active Directory

Diatas merupakan 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan join domain dari komputer client ke domain AD. Setelah melakukan join domain seperti diatas, kalian perlu melakukan konfirmasi penambahan akun komputer baru yang telah kalian joinkan di AD.
1. Silahkan kalian buka Active Directory Users and Computers (ADUC) di server AD untuk konfirmasi. Check terlebih dahulu komputer client telah masuk ke list computer yang sesuai, jika sudah lalu klik icon refresh.
Cara Join Domain Active Directory di Windows

Uji coba login ke domain Active Directory via komputer client

Step terakhir adalah ujicoba login ke windows menggunakan akun dan komputer yang telah terdaftar di AD.
1. Setelah komputer client berhasil melakukan join domain. Maka ia akan diminta memasukkan username dan password ketika masuk ke windows. Masukkan username dan password pengguna AD apa saja yang telah terdaftar di AD dengan mengklik opsi other user.
Cara Join Domain Active Directory di Windows

2. Maka domain Anda pun telah terdeteksi, untuk melakukan login, kalian mungkin saja perlu memasukkan namadomainusername pada kolom username. Sedangkan untuk login ke user local lagi, kalian mungkin perlu memasukkan namakomputerlokalusername.

Cara Join Domain Active Directory di Windows