fbpx

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Microsoft tak henti-hentinya berinovasi. Setelah sukses dengan seri sistem operasi Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Kini Microsoft menghadirkan seri sistem operasi baru yaitu Windows 11.

Sistem operasi Windows merupakan sitem operasi yang paling populer didunia. Hampir semua komputer pada saat ini menggunakan sistem operasi Windows. Maka tidak heran jika update terbaru dari sistem operasi ini sangat dinantikan oleh para pengguna.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Ada banyak update terbaru yang dihadirkan Microsoft pada Windows 11. Baik dari sisi tampilan maupun fitur baru yang diusungnya.

Dari sisi tampilan, Microsoft sepertinya sedang bereksperiment. Bisa dibilang tampilan baru Windows 11 tidak seperti tampilan Windows pada umumnya. Ia lebih mirip seperti tampilan macOS dan Linux.

Sedangkan dari sisi fitur, fitur menarik dari Windows 11 adalah adanya teknologi Windows Subsystem For Android, yang dapat memungkinkan Windows 11 menjalankan aplikasi Android tanpa bantuan emulator.

Menarik sekali bukan, update terbaru pada Windows 11 tersebut ?

Jika kalian penggemar sistem operasi windows, sudah saatnya kini Anda beralih ke Windows 11. Dengan menginstall Windows 11 pada perangkat yang kini sedang Anda gunakan.

Namun sebelum melakukan install Windows 11 pada perangkat Anda, Ada baiknya Anda mengetahui persiapannya terlebih dahulu. Agar proses installasinya dapat berjalan lancar.

Persiapan sebelum install Windows 11

Ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan sebelum menginstall Windows 11.

Cek spesifikasi minimum laptop/PC Windows 11

Microsoft memberikan standar spesifikasi minimum yang lumayan tinggi untuk Windows 11. Untuk perangkat yang memiliki prosesor Intel, minimal Intel generasi ke-8 atau lebih baru. Untuk AMD minimal AMD Ryzen 3 atau lebih tinggi.
Perangkat juga minimal memiliki media penyimpanan dengan free space 64 GB dan RAM minimal 4 GB. Support TPM 2.0 dan secure boot serta memiliki firmware motherboard UEFI. Selengkapnya silahkan Anda baca : Spesifikasi minimum dan cara cek laptop/PC support Windows 11.

Cek tipe partisi HDD/SSD perangkat Anda

Setelah Anda yakin perangkat yang akan Anda install Windows 11 telah kompatibel dan memenuhi spesifikasi minimum untuk install Windows 11. Selanjutnya silahkan Anda cek tipe partisi media penyimpanan perangkat Anda, apakah tipe partisinya GPT atau MBR.
Karena keduanya akan berpengaruh pada pemilihan tipe partisi storage pada pembuatan bootable install ulang Windows 11 nantinya.
Cara cek tipe partisi HDD/SSD paling mudah adalah melalui CMD di Windows.
Pertama silahkan Anda buka CMD pada Windows Anda dengan hak akses administrator. Setelah CMD terbuka, kemudian ketikkan perintah diskpart, lalu ketikkan perintah lagi list disk. Maka hasilnya akan tampil seperti dibawah ini. Jika hasil pengecekan terdapat kolom GPT dan memiliki isi row bintang *. Maka tipe partisi HDD/SSD Anda adalah GPT, jika tidak maka tipe partisi HDD/SSD Anda adalah MBR.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Download rufus dan siapkan flashdisk

Setelah mengecek tipe partisi media penyimpanan pada perangkat Anda, selanjutnya adalah silahkan Anda download software rufus dan siapkan flashdisk untuk membuat bootable yang akan digunakan sebagai installer sistem operasi.
Flashdisk memiliki masa pakai yang panjang, harga relatif murah, memiliki port USB yang support di semua perangkat dan dapat digunakan berulang-ulang. Sedangkan rufus adalah software yang gratis, memiliki versi installer dan portabel serta kompatibel dengan semua versi sistem operasi windows.
Kombinasi keduanya merupakan pilihan terbaik yang sering digunakan oleh orang-orang pada saat ini untuk membuat bootable installer sistem operasi.
Untuk flashdisk usahakan freespace flashdisk lebih besar dari ukurang file ISO installer sistem operasi.
Untuk rufus, silahkan Anda download software rufus. Untuk versi yang saya gunakan kalian bisa download disini, sedangkan untuk versi terakhirnya silahkan Anda cek disini.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Download file ISO installer sistem operasi Windows 11

Selanjutnya untuk menginstall Windows 11 tentu saja kalian harus memiliki file installernya. Untuk installer Windows 11 kalian dapat mengunduhnya secara gratis melalui website resmi Microsoft.
  • Pertama silahkan kalian kunjungi Windows 11 download center. Setelah halaman web nya terbuka, kalian dapat scroll kebawah. Pada opsi Download Windows 11 Disk Image (ISO), silahkan Anda pilih Windows 11, kemudian klik download.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Setelah itu akan muncul opsi untuk memilih bahasa, silahkan Anda pilih English US saja. Kemudian klik Confirm.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Selanjutnya akan muncul tombol download Windows 11, silahkan Anda klik untuk mendownload file ISO Windows 11 tersebut.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Maka proses download pun akan berlangsung.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Langkah-langkah install Windows 11

Setelah semua persiapannya selesai, kini kta akan masuk ke tahap langkah-langkah melakukan install Windows 11. Ada 2 metode yang dapat Anda gunakan untuk menginstall Windows 11. Yang pertama Adalah dengan melakukan install ulang / clean install dan yang kedua adalah install upgrade.
Install ulang atau clean install berarti menghapus seluruh file sistem operasi windows Anda yang lama kemudian menginstallnya dengan yang baru.
Metode ini mengunakan bantuan bootable installer sistem operasi yang telah di mount kedalam media penyimpanan. Pada tutorial kali ini kita menggunakan media penyimpanan flashdisk.
Sedangkan install upgrade adalah proses instalasi sistem operasi melalui file ISO installer sistem operasi secara langsung pada sistem operasi lama tanpa menggunakan flashdisk.

Install Windows 11 dengan flashdisk

Buat bootable Windows 11

  1. Pertama silahkan Anda colokkan flashdisk pada laptop/PC, Lalu install software rufus yang telah Anda download sebelumnya.
  2. Setelah rufus selesai Anda Install, silahkan Anda buka aplikasi rufus tersebut.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pada jendela aplikasi rufus. Flashdisk Anda akan otomatis terdeteksi pada kolom Device. Jika kalian memiliki lebih dari satu flashdisk yang tercolok di port USB perangkat Anda, Anda bisa mengklik opsi pada device untuk memilih salah satunya.
  • Pada kolom Boot selection, silahkan Anda pilih opsi Disk or ISO image. Kemudian silahkan Anda klik Select untuk mem-browse file ISO installer OS Anda.
  • Pada kolom Image option, pilih opsi Standar Windows installation.
  • Pada kolom Partition scheme sesuaikan dengan tipe partisi HDD/SSD Anda, MBR atau GPT.
  • Untuk kolom Target system, jika kalian memilih Partition scheme MBR maka pilih target sistemnya BIOS or UEFI-CSM. Jika kalian memilih Partition scheme GPT maka pilih target systemnya UEFI non CSM.
  • Pada kolom Volume label bisa Anda isi sesuai keinginan kalian.
  • Sedangkan untuk settingan kolom lainnya biarkan otomatis saja.
  • Jika sudah silahkan Anda klik tombol start.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Setelah mengklik tombol start, beberapa saat kemudian akan muncul prompt pemberitahuan bahwa data pada flashdisk akan di format total, jika masih ada data yang perlu kalian backup dari flashdisk, silahkan Anda cancel kemudian backup data terssebut terlebih dahulu, jika ingin lanjut silahkan Anda klik OK.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Maka proses pembuatan bootable pada flashdisk pun sedang berlangsung.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Jika berhasil, maka akan muncul keterangan Ready. Dan flashdisk pun telah siap untuk Anda gunakan booting sebagai installer sistem operasi windows.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Setting bios laptop/PC untuk booting melalui USB flashdisk

Setelah berhasil membuat bootable installer Windows 11 pada flashdisk, lalu silahkan Anda setting BIOS laptop/PC anda untuk booting melalui USB flashdisk.
  • Colokkan flashdisk bootable pada laptop/PC kemudian restart / power on laptop/PC Anda.
  • Pada saat laptop/PC startup, cepat-cepat kalian pencet tombol hot key untuk masuk BIOS, biasanya tombol hotkey untuk masuk bios adalah tombol F2. Jika gagal kalian bisa coba masuk bios melalui tombol ESC, DEL, F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7, F8, F9 sampai F12 tergantung merk laptop/PC masing-masing. Baca selengkapnya : Cara masuk BIOS/boot menu semua merk laptop/PC
  • Setelah masuk BIOS, pada boot menu, arahkan boot priority ke USB flashdisk menjadi urutan pertama.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Jika sudah, simpan konfigurasi, lalu otomatis komputer Anda akan booting melalui flashdisk.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : language and other preferences

Setelah komputer berhasil booting ke flashdisk, maka akan tampila jendela windows setup pada layar Anda.
Pada jendela windows setup language and other preferences biarkan default aja, kemudian klik next.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : install now

Selanjutnya akan muncul jendela windwos setup install now yang merupakan instruksi untuk menginstall windows 11 pada perangkat Anda. Pada jendela ini sebenarnya ada opsi repair your computer . Namun untuk clean install / install ulang kita pilih opsi install now.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : activate windows

Selanjutnya akan muncul jendela windows setup untuk memasukkan product key windows, kita lewati aja bagian ini karena kita bisa memasukkan product key nya nanti setelah berhasil install ulang windows 11. Silahkan kalian klik I don’t have a product key.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : software license

Selanjutnya akan muncul jendela windows setup software license. Silahkan Anda centang opsi I accept the license terms. Lalu klik next.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : type of installation

Selanjutnya akan muncul jendela windows setup type of installation. Pilih opsi custom, karena kita akan melakukan clean install.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : select drive

Nah selanjutnya akan muncul opsi drive dimana kalian akan menginstall windows 11 Anda. Butuh kejelian disini. Silahkan kalian identifikasi drive C OS windows Anda yang lama.
Biasanya drive 0 yang merupakan drive partisi OS yang lama. Jika sudah ketemu silahkan kalian delete semua drive 0, untuk kita install versi windows yang baru pada drive tersebut.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Jika sudah maka akan muncul drive baru dengan status unallocated space. Yang telah siap untuk kalian install versi windows yang baru. Silahkan kalian lanjut dengan mengklik next.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : installing windows

Selanjutnya akan muncul jendela windows setup installing windows. Pada tahap ini, proses installasi windows 11 sedang berlangsung, silahkan Anda tunggu proses beberapa menit hingga proses installasi selesai.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Windows setup : restart windows

Setelah proses instalasi selesai, sistem akan melakukan restart secara otomatis.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Setting OOBE Windows 11

Untuk tahap finishing setelah laptop/PC melakukan restart, akan muncul halaman out-of-the-box experience (OOBE) Microsoft. OOBE merupakan tahapan kustomisasi awal Windows 11.
  • Pilih country or regions. Pada tahap ini silahkan Anda pilih United States. Lalu klik yes.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih layout keyboard. Pada tahap ini silahkan Anda pilih US kemudian klik next. Pada tahap selanjutnya jika muncul opsi secondary keyboard klik skip saja.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Setting nama laptop/PC. Pada tahap ini Anda dapat mengisi nama PC Anda, namun jika ingin nama PC random sesuai settingan otomatis Windows 11, Anda bisa skip tahap ini.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih jenis kegunaan PC. Pada tahap ini pilih opsi Set up for personal use jika perangkat yang Anda gunakan merupakan perangkat pribadi Anda, pilih opsi Set up for work or school jika perangkat yang Anda gunakan untuk perusahaan atau sekolah. Pada tahap ini pilih opsi Set up for personal use  saja kemudian klik next.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Login akun microsoft. Pada tahap ini Anda di haruskan untuk login ke akun microsoft Anda, jika Anda belum memiliki akun Microsoft atau jika Anda dalam keadaan tidak terhubung ke internet, Anda dapat memilih opsi Sign in option, lalu memilih opsi Offline account. Kemudian klik next. Namun pada tahap ini saya memilih opsi untuk login menggunakan akun Microsoft.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Buat PIN baru. Pada tahap ini Anda di arahkan untuk membuat PIN baru berupa 4 buah angka untuk login ke laptop/PC Anda. Silahkan Anda klik Create PIN. Jika Anda telah selesai membuat PIN, silahkan Anda klik Ok.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilihan login perangkat. Jika pada tahap sebelumnya Anda login menggunakan akun Microsoft maka akan muncul opsi restore from Last login atau Set up new device. Disini saya memilih opsi Set up new device. Kemudian klik next.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih privacy setting. Pada tahap ini pilih opsi settingan privacy sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian klik next lalu accept.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih kegunaan perangkat. Pada tahap ini Anda diberikan ceklis kegunaan perangkat Anda. Sesuaikan saja dengan kegunaan perangkat Anda sehari-hari. Klik accept atau skip untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih pencadangan. Pada tahap ini terdapat pilihan pencadangan untuk mengunggah folder Desktop, Gambar, dan Dokumen Anda ke cloud OneDrive. Namun disini saya tidak memilih untuk opsi pencadangan ke OneDrive.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Opsi penggunaan Office 365. Pada tahap terakhir Anda akan ditampilkan opsi untuk menggunakan Microsoft Office 365. Namun disini saya memilih untuk tidak menggunakannya.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Tahapan OOBE telah selesai. Windows 11 akan menerapkan konfigurasi yang telah Anda lakukan sebelumnya dan akan memunculkan halaman dekstop beberapa menit kedepan.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

 

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Install Windows 11 Tanpa Flasdisk

Mount file ISO Windows 11

Silahkan kalian mount file ISO windows 11 yang telah kalian download sebelumnya.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Klik setup Windows 11

Setelah file ISO Windows 11 berhasil di mount, akan muncul drive baru di file explorer Anda, klik dirve baru tersebut, disitu kalian akan menemukan file setup windows 11, silahkan Anda klik file setup tersebut untuk memulai instalasi Windows 11 pada perangkat Anda.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Matikan opsi unduh pembaruan Windows 11 sekarang

Setelah menu setup Windows 11 terbuka, silahkan Anda klik opsi Change how setup downloads updates untuk mematikan opsi pengunduhan pembaruan terakhir windows 11, proses ini memerlukan waktu yang cukup lama serta membutuhkan koneksi internet. Kita skip aja dulu, fokus ke proses upgrade Windows 11.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Lalu pilih opsi Not right now kemudian klik next.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Ready to install Windows 11

Setelah itu akan muncul halaman Ready to install. Silahkan Anda klik Install untuk memulai proses instalasi Windows 11.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Proses instalasi windows 11 pun dimulai, setelah 100 % sistem otomatis akan melakukan restart. Sampai tahap ini proses upgrade Windows 11 telah selesai.

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

Setting OOBE Windows 11

Untuk tahap finishing setelah laptop/PC melakukan restart, akan muncul halaman out-of-the-box experience (OOBE) Microsoft. OOBE merupakan tahapan kustomisasi awal Windows 11.
  • Pilih country or regions. Pada tahap ini silahkan Anda pilih United States. Lalu klik yes.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih layout keyboard. Pada tahap ini silahkan Anda pilih US kemudian klik next. Pada tahap selanjutnya jika muncul opsi secondary keyboard klik skip saja.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Setting nama laptop/PC. Pada tahap ini Anda dapat mengisi nama PC Anda, namun jika ingin nama PC random sesuai settingan otomatis Windows 11, Anda bisa skip tahap ini.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih jenis kegunaan PC. Pada tahap ini pilih opsi Set up for personal use jika perangkat yang Anda gunakan merupakan perangkat pribadi Anda, pilih opsi Set up for work or school jika perangkat yang Anda gunakan untuk perusahaan atau sekolah. Pada tahap ini pilih opsi Set up for personal use  saja kemudian klik next.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Login akun microsoft. Pada tahap ini Anda di haruskan untuk login ke akun microsoft Anda, jika Anda belum memiliki akun Microsoft atau jika Anda dalam keadaan tidak terhubung ke internet, Anda dapat memilih opsi Sign in option, lalu memilih opsi Offline account. Kemudian klik next. Namun pada tahap ini saya memilih opsi untuk login menggunakan akun Microsoft.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Buat PIN baru. Pada tahap ini Anda di arahkan untuk membuat PIN baru berupa 4 buah angka untuk login ke laptop/PC Anda. Silahkan Anda klik Create PIN. Jika Anda telah selesai membuat PIN, silahkan Anda klik Ok.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilihan login perangkat. Jika pada tahap sebelumnya Anda login menggunakan akun Microsoft maka akan muncul opsi restore from Last login atau Set up new device. Disini saya memilih opsi Set up new device. Kemudian klik next.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih privacy setting. Pada tahap ini pilih opsi settingan privacy sesuai dengan keinginan Anda. Kemudian klik next lalu accept.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih kegunaan perangkat. Pada tahap ini Anda diberikan ceklis kegunaan perangkat Anda. Sesuaikan saja dengan kegunaan perangkat Anda sehari-hari. Klik accept atau skip untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Pilih pencadangan. Pada tahap ini terdapat pilihan pencadangan untuk mengunggah folder Desktop, Gambar, dan Dokumen Anda ke cloud OneDrive. Namun disini saya tidak memilih untuk opsi pencadangan ke OneDrive.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Opsi penggunaan Office 365. Pada tahap terakhir Anda akan ditampilkan opsi untuk menggunakan Microsoft Office 365. Namun disini saya memilih untuk tidak menggunakannya.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk
  • Tahapan OOBE telah selesai. Windows 11 akan menerapkan konfigurasi yang telah Anda lakukan sebelumnya dan akan memunculkan halaman dekstop beberapa menit kedepan.
Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk

 

Cara Install Windows 11 dengan Flashdisk dan Tanpa Flashdisk