fbpx

Beberap Tips Agar Datamu Aman

Di zaman digital yang canggih ini, banyak menyajikan keterbukaan dan kecepatan informasi melalui jaringan internet. Hanya saja, kemudahan ini juga di sertai dengan banyaknya potensi ancaman privasi data pengguna internet yang semakin besar. Privasi data pengguna merupakan salah satu hal yang sangat penting pada saat ini. Dampak penyalahgunaan data dapat merusak ekonomi, seperti pembobolan akun bank pribadi hingga jebolnya sistem perbankan. beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar privasi data kamu tetap aman walau sedang berselancar di internet. Simak artikel berikut ini.

  • Otentikasi Dua Faktor

jOtentikasi dua faktor merupakan uapaya yang dapat menjaga keamanan akunmu. System ini hanya memerlukan kode di luar kata sandi untuk masuk ke akun tertentu. bisa berupa kode yang dikirimkan kepadamu melalui SMS atau email. perlindungan kedua ini ampuh untuk melindungi akunmu, apabila kata sandi kamu disusupi dengan cara apa pun.

  • Mencadangkan Ke Email

Cara untuk melindungi privasi akun sosial media dan internet berikutnya ialah mencadangkan akunmu ke email. Hampir setiap web meminta alamat email apabila kamu ingin memakai jasa mereka. apabila kamu mengunjungi situs terpercaya, maka keamanan bukan menjadi masalah. Hanya saja, sangat banyak situs dengan reputasi yang tidak meyakinkan. Dengan memiliki email cadangan, kamu menghindari dari spamming. Karena itu, aktivitasmu di email utama tidak akan terganggu.

  • Mengguanakan VPN

Virtual private network atau VPN merupakan perangkat sangat popular saat ini. Banyak yang memakai VPN sebagai sensor internet, sekolah ataupun kantor. Pada umumnya, perangkat ini memindahkan koneksi Internet kamu ke lokasi berbeda. agar kamu tidak mudah di identifikasi ke situs yang sedang melacakmu. Apabila kamu menggabungkan VPN dengan perangkat aplikasi pengaman lainnya, hal tersebut dapat meningkatkan proteksi.

  • Enkripsi 

Enkripsi sangat di perlukan untuk menjaga keamanan data pribadimu di dunia maya. Enkripsi akan mengacak apapun yang kamu kirim melalui jaringan. Hal tersebut dapat mencegah pihak lain memantau aktivitas jaringan dari informasi yang kamu masukkan ke situs yang dikunjungi.

  • Memberi Password

Password merupakan pertahanan pertama yang dapat melawan hacker jahat yang berusaha meretas akunmu. gunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak. Gunakan kata sandi yang panjang dan di kombinasikan dengan huruf, angka, serta simbol. hindari penggunakan nama asli atau informasi lain yang dapat memudah orang lain menebak.

  • Tidak Asal Memberikan Izin

Saat kamu mengunduh aplikasi di ponsel, pasti kamu akan di temukan dengan pemberitahuan yang meminta untukmemberikan izin tertentu. Perhatikan saat menerima persyaratan ini. karena, aplikasi ini mungkin meminta hal yang tidak perlu ke kamera ataupun mikrofonmu. Memberikan izin aplikasi secara asal dengan mensetujui, dapat menyebabkan pelanggaran privasi yang tidak disengaja.