5 Aplikasi Pertanian Yang Bisa Kamu Coba Untuk Para Petani

Seiring dengan perkembangan teknologi, yang mana dapat mencakup segala elemen kehidupan, baik pendidikan, ibadah, pekerjaan dan banyak lagi. Bahkan sudah merambah hingga ke sektor pertanian, yaitu dengan adanya aplikasi bidang agraris.

Keberadaan softwre ini dapat membantu para petani bagaimana cara bercocok tanam yang benar dan menghasilkan hasil berkualitas. Selain itu, para petani juga bisa memilih berbagai macam bibit tanaman terbaik, seperti pupuk terbaik dan lainnya.

Pada aplikasi pertanian, para petani bisa berkonsultasi dengan para pakar langsung bahkan bisa membeli alat dan kebutuhan petani secara online. Bukan hanya itu, ada beberapa software android menyediakan harga terkini tentang hasil panen.

Jadi, sekarang kamu tidak perlu khawatir akan penjualan hasil taninya, karena mereka bisa memantau harga-harga hasil tani di pasaran. Untuk itu, berikut ini ada beberapa aplikasi pertanian yang bisa kamu gunakan untuk mencari informasi pertanian, berikut ini:

MyAgri

Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan petani dalam meningkatkan produksi tanaman sayuran dengan menggunakan konsep PHT (Pengendalian Hama Terpadu).

Didalam aplikasi ini terdapat informasi jenis hama penyakit pada tanaman sayuran dan pencegahanya dengan menggunakan database pestisida tepat guna yang telah dikembangkan berdasarkan buku panduan pestisida dari kementrian pertanian republik Indonesia.

Selain itu petani dapat mengetahui informasi mengenai harga komoditas dipasaran berdasarkan lokasi tempat tinggal dia berada, sehingga petani dapat menjual harga komoditas sayuranya tepat guna tidak ditipu lagi oleh tengkulak.

Plantix

Plantix mengubah ponsel ponsel kamu menjadi dokter tanaman seluler yang dapat digunakan untuk mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman secara akurat dalam hitungan detik.

Plantix berfungsi sebagai solusi lengkap untuk produksi dan pengelolaan tanaman. Aplikasi ini tersedia dalam 18 bahasa dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Hal ini menjadikan Plantix sebagai aplikasi pertanian nomor satu untuk deteksi kerusakan, pengendalian hama dan penyakit dan peningkatan hasil panen bagi petani di seluruh dunia.

Dokter Tania

Dokter Tania adalah aplikasi petani bahasa Indonesia yang dapat membantu kamu dalam menanam, mulai dari mendeteksi penyakit tanaman, memberi tips budidaya tanaman dan menyelesaikan berbagai permasalahan tanaman lainnya.

Dengan teknologi pertanian Dokter Tania, kamu bisa menemukan solusi untuk 140+ komoditas pertanian dan 1450+ penyakit tanaman, baik untuk petani produksi, petani hobi, hingga petani hidroponik. Dengan bantuan ahli tanaman Dokter Tania, menanam makin mudah, panen makin melimpah!

SIPINDO

SIPINDO (Sistem Informasi Pertanian Indonesia) merupakan sebuah aplikasi pertanian berbasis android yang memberikan kemudahan akses informasi pertanian kepada petani di seluruh Indonesia. Bukan hanya itu, Sipindo juga memiliki misi untuk mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup para petani di Indonesia dengan cara menyediakan informasi mengenai teknik budidaya tanaman, hama penyakit tanaman, serta menyediakan akses pasar untuk kebutuhan jual beli hasil panen mereka. SIPINDO merupakan aplikasi hasil kerjasama antara PT. East West Seed Indonesia (EWINDO) dengan AIP PRISMA.

TaniLink

TaniLink adalah aplikasi pertanian modern untuk menjawab kebutuhan informasi pertanian bagi petani dan masyarakat luas. Misi Tani Link adalah sebagai Pusat Pengetahuan dan Berbagi Pengetahuan (Knowledge Center and Knowledge Sharing) segala hal terkait dengan pertanian.

memberikan informasi terbaru terkait Harga komoditas nasional, kebijakan, pasar, informasi cuaca dan Informasi lain berkenaan dengan perkembangan komoditas pertanian pokok. Fitur Tanya Jawab ini menjadi ruang bagi ahli maupun praktisi yang memiliki informasi & pengetahuan.

Semoga bermanfaat ya teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *