7 Rekomendasi Software Editing Rumah PC Dan Mac Yang Bisa Kamu Coba

Untuk merancang rumah impianmu yang bagus dan indah, di butuhkan pengetahuan dan rancangan yang bagus untuk bisa mendapatkannya. Dengan menggunakan aplikasi editing rumah, kamu bisa memvisualisasikan bagaimana tempat tinggal barumu terlihat dari luar maupun dalam. Dan jika kamu sudah selesai mendesain di perangkat lunak tersebut, kamu bisa melanjutkannya dengan memberi ke arsitek dan kontraktor untuk diwujudkan.

Manfaat menggunakan software desain rumah sangat banyak. Semua orang juga bisa mempelajarinya, walaupun masih pemula sekali pun. Di karenakan banyak perangkat lunak tersebut memberikan kemudahan dan penghitungannya bisa dilakukan secara otomatis. Berikut ini ada beberapa rekomendasi software desain rumah terbaik yang bisa kamu coba untuk membangun dan mendesain rumah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

7 Software Editing Rumah

  • Chief Architect Premier

Chief Architect Premier membuat pengalaman membuat sketsa rumah menjadi lebih mudah. Bagi para arsitek sulit untuk mengkomunikasikan proyek dengan klien, oleh karena itu, Chief Architect Premier hadir sebagai solusi penggambaran desian rumah, lengkap dengan informasi ukuran yang detil serta ilustrasi 3D yang bisa muncul secara otomatis.

Aplikasi ini juga termasuk aplikasi ringan, karena hanya membutuhkan sisa storage 5 GB pada HDD atau SSD kamu. Selain itu, Chief Architect Premier juga sudah tersedia untuk Windows 64 bit (7, 8, dan 10) dan juga MacOS (Catalina, Mojave, Big Sur). Sebelum itu, pastikan laptop atau PC kamu memiliki RAM 4 GB dan VGA dengan VRAM 1 GB! Hanya saja, harga yang diberikan Chief Archiect Premier terbilang mahal. Kamu bisa menyewa software dengan mengeluarkan $199 per bulan atau membelinya dengan harga $2695.

  • RoomSketcher Pro

RoomSketcher merupakan software editing rumah yang memberikan pemakaian gratis dan juga beberapa paket berbayar. Salah satunya yang versi Pro, yang mana didalamnya terdapat semua fitur-fitur VIP ditambah beberapa fitur tambahan. Versi Pro ini memungkinkan kamu untuk melabeli floor plan dengan nama brand, khusus bagi kamu yang mewakili sebuah perusahaan.

Pada versi Pro ini, kamu juga bisa kustomasi denah 3D yang lebih memukau, serta memungkinkan penggunanya untuk melihat hasil rancangan denah secara 360 derajat. Fitur eksklusif lainnya juga masih banyak, seperti melakukan kalkulasi pada total area dan pengukuran denah.  Kamu bisa memilikinya dengan berlangganan $99 per tahunnya, dan sudah tersedia untuk platform Windows, Mac, serta tablet Android an iOS.

  • SketchUp Pro

SketchUp Pro sudah tersedia pada sistem operasi Windows 10 dan MacOS (Big Sur, Catalina, Mojave). Jika kamu pengguna Windows, disarankan untuk memiliki VGA discrete (bukan onboard) dengan memori 1 GB. Kemudian pastikan hardisk laptop yang kamu memiliki sisa 700 MB untuk menampung program. Selain itu, pihak pengembang juga menyarankan memiliki CPU 2 GHz dan RAM minimal 4 GB.  Menariknya, aplikasi ini memiliki fitur yang dinamakan web-based 3D Modelling, yang membuat kamu bisa melakukan desain rumah secara 3D melalui browser. Bukan hanya itu, SketchUp Pro juga bisa menjadi tempat untuk kamu dalam mencari saran untuk penataan ruang, karena fitur PreDesign akan memberikan rekomendasi desain berdasarkan tipe bangunan dan cuaca. Dengan berlangganan $299 per tahun, kamu bisa menggunakan software canggih ini!

  • Sweet Home 3D

Sweet Home 3D adalah aplikasi yang akan memberikan efek 3D saat kamu sedang mendesain rumah. Awalnya, kamu akan menggambar raw dari desain rumah, mulai dari  pondasi, bentuk bangunan, atap, tembok dan lainnya. Jika bangunan sudah terbentuk dengan sempurna, maka kamu sudah bisa melanjutkan mendesain interior atau bagian dalam rumah. Seperti memberikan warna pada tembok, memasang pintu dan jendela, hingga menambahkan furniture. Pokoknya, semua bisa Anda lakukan dengan mudah di Sweet Home 3D.

  • Floor Planner

Floor Planner merupaka seuah situs yang dirancang khusus untuk kamu dan para desainer yang ingin membuat desain rumah dengan mudah. Terdapat fitur drag and drop pada aplikasi ini yang dapat membantu kamu untuk memindahkan objek seperti pintu ataupun jendela ke desain yang telah dibuat. Selain itu, kamu juga bisa menggambar desain rumah dengan menggunakan drawing tool. Caranya, seret kursor untuk menambahkan luas ruangan atau bahkan menggambar ruangan baru. Kamu akan mendapatkan pengalaman mendesain dengan mudah seperti menggambar dengan memakai pensil saja. Floor Plan pun memiliki koleksi item 3D dengan jumlah yang sangat banyak. Item-nya dipisahkan khusus sesuai kategori masing-masing.

  • SmartDraw

Banyak yang mengira bahwa SmartDraw adalah sebuah aplikasi khusus desain rumah. Namun ternyata, SmartDraw adalah software untuk menghasilkan elemen visual apapun seperti denah, bagan dan slide presentasi. Di sini kamu dapat melakukan pembuatan denah dengan cara yang begitu mudah dan intuitive. Antarmukanya juga sudah menggunakan drag and drop sehingga elemen-elemen visualnya dapat dipindahkan  dengan mudah. Untuk dapat memiliki software ini, kamu bisa berlangganan dengan harga $9,95 per bulan yang akan dicas setiap tahunnya. Dan ini terbilang murah! Jika laptop kamu cukup kuat untuk menginstal Office, maka aplikasi SmartDraw akan lebih lancar saat digunakan.

  • Home Designer Suite

Home Designer Suite tidak menawarkan varian Pro yang kaya akan fitur, Chief Architect Software juga menawarkan varian Suite lho! Home Designer Suite dikenal lebih unggul karena terdapat berbagai fitur automasi untuk pengalaman yang hassle-free. Seperti saat membuat ruangan baru, langit-langit akan terbentuk secara otomatis. Jadi sudah ttidak diperlukan lagi melakukan segalanya secara manual. Untuk dapat memiliki aplikasi ini, kamu hanya perlu membayar sebesar $99 untuk memiliki aplikasinya. pada perangkat laptop yang sudah terinstal dengan Windows (7, 8, 10) ataupun MacOS (Big Sure, Catalina, Mojave). Denan syarat, laptop atau PC memiliki RAM sebesar 4 GB dan video card dengan memori 1 GB, aplikasi ini sudah dapat dijalankan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *