fbpx

5 Sistem Operasi Komputer Dan Smartphone Terpopuler

Dalam perangkat teknologi seperti laptop, computer, dan bermacam jenis gadget, terdapat sistem operasi jaringan yang ada di dalamnya. Yang bertujuan untuk menghubungkan perangkat tersebut dengan yang lainnya. Selain itu sistem operasi jaringan juga berfungsi untuk  menghubungkan perangkat dengan internet. Sistem operasi jaringa terbagi menjadi dua yaitu sistem operasi berbasis grafis (GUI) dan sistem operasi berbasis text (CLI). Berikut 5 sistem operasi jaringan yang banyak di gunakan pada perangkat computer atau laptop. 

  • Windows

Merupakan sistem operasi yang paling banyak di gunakan saat ini. Memiliki keunggulan yaitu pengoperasian yang sangat mudah di karenakan sistem operasi Windows adalah sistem operasi jaringan berbasis grafis atau GUI. Windows juga merupakan sistem operasi perkembangan dari Ms-DOS. Windows juga telah menerbitkan banyak versi dengan keunggulan masing-masing. Yang mana setiap versi terbarunya melengkapi versi sebelumnya.  Yang masih sering di gunakan hingga saat ini, ialah Windows Vista, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 hingga yang terbaru Windows 11.

  • macOS

sistem operasi yang dirilis pada tahun 2001 ini merupakan sistem operasi rival berat dari windows. Yang di kembangkan dan dipasarkan oleh Apple Inc dan menjadi sistem operasi utama pada komputer buatan Apple. Kelebihan dari sistem operasi ini adalah keamanan yang sudah terjamin dan sangat jarang terkena virus dibandingkan sistem operasi Windows. macOS bersifat user friendly yang bermaksud sistem ini mudah untuk di operasikan, sama seperti Windows. Hanya saja sistem operasi ini terbilang sangat mahal karena pengguna harus membeli perangkat milik Apple Inc untuk bisa menggunakan sistem operasi ini.

  • Android 

Sistem operasi yang berbasis linux ini resmi dirilis pada tahun 2007. Kelebihan dari sistem operasi android ialah sifatnya yang open source membuat penggunanya dapat memodifikasi operasi ini. Android juga menjadi pengguna terbanyak karna jumlah penggunanya juga memiliki banyak sekali pilihan aplikasi yang dapat di nikmati oleh para penggunanya. Kekurangan dari sistem operasi ini ialah membutuhkan sumber daya memori yang cukup banyak baik itu pada RAM ataupun ROM

  • Linux 

Linux memiliki kelebihan sistem operasi disbanding sistem operasi lpada umumnya yaitu sistem operasi ini gratis. Banyak pilihan distro yang dapat kamu gunakan. Juga sangat cocok untuk developer karena sistem operasi ini memiliki banyak library yang sangat membantu proses pembuatan dan pengembangan aplikasi. sistem operasi  ini juga sangat kecil bisa terkena virus karena penggunanya yang tidak banyak dibandingkan sistem operasi lainnya.

  • iOS

sistem operasi yang dirilis pertama kali pada tahun 2007 pada produk iPhone, meluas hingga ke iPod Touch dan iPad.  Memiliki kelebihan dengan  manajemen memori yang lebih baik dibandingkan sistem operasi lainnya.itulah mengapa walau RAM produk keluaran Apple tidak sebesar ponsel ponsel lainnya dengan mengggunakan sistem operasi android, namun kinerjanya bisa diadu. Kekurangan dari sistem operasi iOS hanya pada penjualan produknya yang memiliki harga yang sangat tinggi.