fbpx

5 Bahaya Software Bajakan Yang Perlu Kalian Ketahui

Saat ini, perangkat lunak atau software bajakan telah banyak beredar di internet. Software bajakan tersebut banyak dicari dan di gunakan lantaran tidak mampu membeli perangkat lunak asli. Jika kamu salah satu penggunanya, mungkin kamu harus lebih berhati hati karena adanya konsekuensi yang harus ditanggung. Software bajakan dimodifikasi agar mudah diterobos oleh virus berbahaya. Kali ini, kita akan membahas tentang bahaya dari menggunakan software bajakan. Berikut penjelasan dari bahayanya mengguanakan software bajakan:

  • Ancaman Dari Malware

Malware merupakan sebuah software yang dibuat untuk merusak dan melakukan hal yang dapat merugikan sistem pada komputer. Software bajakan yang kamu gunakan tersebut memiliki malware yang bisa merusak komputer kamu. Komputer yang terkena malware akan menghambat kinerja dari CPU. Hal ini kemudian membuat komputer jadi lambat bahkan merusak fungsi pada komputer.

  • Terdapat Virus di Dalamnya

Tidak ada computer yang bisa sepenuhnya terbebas dari virus. Komputer bisa terkena virus lewat berbagai cara, seperti perpindahan dari satu komputer ke komputer lain. Virus ini akan  berpindah dengan mudah melalui flashdisk yang membuatnya sangat mudah menginfeksi komputer lain. Selain itu, virus ini nisa juga berasal dari software bajakan yang kalian gunakan. Virus yang dibawa dalam software bajakan dapat menyebabkan hilangnya data pada komputer kamu dan bisa juga membuat komputer menjadi sangat lambat.

  • Tidak Bisa Di Update

Kamu tidak akan bisa melakukan update aplikasi dari pengembang pada software bajakan, update tersebut meliputi, diantaranya penambahan fitur baru dan pembenahan bug yang ada pada versi sebelumnya.

  • Adanya Kecacatan.

Hal ini disebabkan karena sistem komputer yang sangat kompleks dan rumit, oleh karena itu  dalam satu aplikasi saja, terdapat banyak sekali kode-kode yang digunakan. Jika kamu menggunakan aplikasi bajakan, kamu tak dapat menjamin apa saja yang terdapat pada aplikasi tersebut. Dan tidak menjamin juga bahwa software tersebut memiliki kecacatan. Cacat pada software ini tentu dapat merusak computer, jadi lebih baik berhati-hati lagi karena error pada software bajakan yang tidak terdeteksi.

  • Tidak Dapat Dihapus

Selain tidak dapat di update, ada juga beberapa kejadian saat sudah selesai menginstall software bajakan namu tidak bisa di gunakan. Dan ketika hendak  dihapus, ternyata software tersebut sangat susah sekali atau bahkan tidak bisa dihapus dan menyebabkan memori di komputer kalian penuh. Dan hal ini tentu sangat merugikan pastinya.