10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Music Android Dan Windows

Aplikasi edit music berguna untuk mengedit podcast, cover lagu, narasi, interview, musik atau rekaman suara lainnya. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan hasil audio tersebut terdengar jernih serta jelas. Untuk itu, jika ingin mendapatkan kualitas audio yang baik, dibutuhkan alat bantu seperti aplikasi edit audio. Bagi yang sedang mencari aplikasi untuk edit suara dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan, ,maka kamu akan mendapatkannya. Berikut ini ada 10 aplikasi edit suara untuk berbagai perangkat, mulai dari PC hingga android. Yang pasti memiliki fitur sederhana hingga fitur yang lebih maju. Berikut pembahasannya.

  • Ableton Live 10

Ableton Live 10 adalah aplikasi yang masih popular hingga saat ini untuk digunakan. Yang mana, bukan hanya untuk editing lagu, jika kamu sering melihat aplikasi ini digunakan untuk membuat stabil suara atau audio. Beberapa fitur yang dimilikipun begitu sederhana, sehingga kamu dapat lebih mudah mengoperasikannya. Yang menarik dari aplikasi ini adalah, kamu bukan hany dapatr mengdit satu video, tetapi lebih dari dua video. Kamu juga dapat melakukan split hingga cutting audio sesuai kebutuhan kamu. Jadi tidak heran jika beberapa orang menggunakan ini untuk membuat musik pembuka dan penutup dalam suatu konten. Berbekal pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia musik, Ableton menghadirkan berbagai fitur canggih terbaik untuk mempermudah kamu dalam memproduksi beragam karya hanya dengan satu program saja.

  • Image-Line FL Studio 20

Berikutnya, Image-Line yang lebih cocok untuk kamu yang menyukai musik EDM atau Electronic Dance Music, yang sang popular saat ini. aplikasi ini menyediakan banyak sekali  efek-efek elektronik yang akan membuat musik kamu menjadi lebih berwarna. Fitur yang dimiliki dalam beberapa tombolnya tidak terlalu berbeda, tetapi kamu akan tetap dapat melihat tutorialnya di website atau youtube agar lebih dapat melakukan eksplorasi lebih jauh. Untuk itu, pastikan jika bagi kamu para pemula dapat menguasai aplikasi ini dengan cepat. Aplikasi edit music asal Belanda ini, digunakan oleh Martin Garix dan DJ Avicii, sebagai pengguna program yang pertama kali diluncurkan lebih dari dua dekade! Image-Line FL Studio 20 merupakan versi paling update dengan segudang fitur teranyar untuk mendukung segala kebutuhan produksi musikmu

  • FL Studio Mobile

Tahukah kamu, bahwa beberapa musisi internasional seperti Alan Walker menggunakan FL Studio Mobile untuk berlatih membuat music pada masa awalnya. Software pembuat musik PC ini memang sangat mudah untuk digunakan oleh pemula. Dengan fitur yang sangat mudah, tidak heran jika akhirnya aplikasi ini banyak digunakan oleh musisi pemula untuk meracik sebuah musik. Adapun fitur advance atau untuk pemula biasanya dilengkapi dengan beat, kick, dan hat yang akan membuat inovasi musik yang kamu buat semakin seru dan berkembang. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur editing dan mixing musik dengan cara yang mudah menggunakan aplikasi yang satu ini.

  • Steinberg Cubase 10

Jika aplikasi sebelumnya di sarankan untuk pemula, maka berbeda dengan yang satu ini. yang mana aplikasi ini lebih sering digunakan untuk semi profesional yang membuat musik tidak hanya untuk efek EDM. Ada banyak genre musik disesuaikan dengan kebutuhan pasaran danproduksi kamu. Kamu dapat mengatur setiap signature key yang ada di dalam aplikasi ini. berbeda dengan aplikasi pada umumnya yang terkadang masih memiliki template, disini kamu dapat mengatur musik atau MIDI Anda sendiri dengan mudah. Tentu saja, skill yang kamu butuhkan sedikit harus meningkat, karena segalanya lebih sering dilakukan secara manual.

  • Presonus Studio One 4 

Aplikasi ini tergolong dalam kategori DAW pendatang baru. Presonus Studio One 4 menjadi aplikasi pembuat musik PC yang diandalkan banyak produser dan content creator. Studio One berhasil menarik hati para pengguna aplikasi DAW lainnya dengan tampilan dan sistem operasi yang lancar, mulus, lebih rapi serta mudah digunakan.  Antarmuka software dibuat dalam tampilan single-window yang akan mempermudah proses penggunaanya saat bekerja karena dapat diakses cukup dengan membuka satu panel layar saja. Mantap banget kan.

Untuk HP

  • FL Studio Mobile

FL Studio Mobile merupakan salah satu aplikasi komposer musik yang termasuk lengkap. Dikarenakan kamu dapat membuat project multi trek diperangkat Androidmu. Diaplikasi  ini mengemas segalanya yang kamu butuhkan untuk membuat musik, termasuk piano roll, keyboard, drum pad,step sequencer, track editor, effects, dan lebih dari 100 sample instrumen. Aplikasi ini juga menyediakan real-time effects seperti Limiter, EQ, Delay, Reverb, Filter, dan Amp untuk meningkatkan kualitas mixing kamu. Bahkan, terdapat juga wave editor untuk normalisasi, cut, trim, menambahkan silence, reverse, fade in atau fade out. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan lagu yang kamu buat dalam format WAV, MIDI, AAC serta share lewat Dropbox dan Email.

  • Music Maker Jam

Music Maker Jam bisa kamu gunakan untuk membuat trek audio yang memiliki berbagai macam loops, beats, dan sumber musik lainnya. Tersedia lebih dari 100 style musik di aplikasi ini seperti trap, drum, hip hop, dubstep, rock, funk, bass, techno, house, ambient, jazz, juga mixer 8 channel. Oleh karena itu, kamu bisa mixing lagu dan menambahkan efek pada lagu. Selain itu, kamu juga bisa me-remix trek audio hanya dengan menggoyangkan (shake) device kamu. Kamu pun bisa menggunakan loop selector untuk mengkombinasikan style-style musik. Di mana ada ribuan loops yang bisa dipilih serta fitur voice recording yang bisa merekam suara kamu sendiri.

  • Walk Band 

Walk Band akan memberimu band portable hanya dengan menggunakan smartphone. Aplikasi ini telah didukung dengan instrumen seperti Guitar, Piano, Drum Kit, Drum Machine dan Bass. Yang mana semua instrumen tersebut menggunakan suara instrumen yang realistis. Aplikasi ini juga memiliki beberapa lagu bawaan yang bisa kamu coba gunakan. Bukan hanya itu, kamu juga dapat merekam banyak track pada instrumen berbeda serta menggabungkan trek berbeda dari instrumen tertentu kedalam sebuah trek audio. Disini kamu juga dapat memakai rekaman asli buatan kamu sebagai basis untuk merekam instrumen lainnya. Aplikasi Walk Band juga dilengkapi dengan beragam fitur pendukung lainnya, seperti multiple finger support, konversi MIDI ke MP3, keyboard MIDI eksternal yang telah didukung USB, 

  • Audio Evolution Mobile Studio

Aplikasi edit music yang bisa digunakan untuk yang sudah profesional maupun bagi yang masih pemula. Melalui aplikasi Audio Evolution Mobile Studio, kamu bisa merekam suara dan membuat loops keren untuk mix dalam trek-trek audio yang berbeda. Aplikasi ini juga memiliki beragam efek spesial yang bisa kamu manfaatkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan mix karya asli ke dalam sampel stereo berkualitas tinggi.

  • BandLab – Music Making Studio

Aplikasi sterkahir yaitu BandLab. Aplikasi pembuat musik memiliki berbagai fitur lengkap dan menarik, yang mana, kamu bisa memanfaatkan aplikasi BandLab untuk merekam, menyunting, hingga membuat musik multi-track dengan efek-efek kreatif. Aplikasi BandLab juga mendukung beberapa jenis musik seperti EDM, house, rock, dubstep, dan masih banyak lainnya.

Semoga bermanfaat!